Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata - Kontribusi Nyata Penerapan Dasar-Dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

 01.01.2-T2-7 Aksi Nyata - Kontribusi Nyata Penerapan Dasar-Dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Sebagai tahapan terakhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, Aksi Nyata memberikan ruang bagi Mahasiswa menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam satu rangkaian modul. Aksi Nyata Anda adalah mendokumentasikan kontribusi nyata penerapan pemikiran Ki Hadjar Dewantara di kelas dan sekolah sebagai pusat pengembangan karakter. Pada topik ini, Aksi Nyata Anda merupakan perwujudan dari perubahan konkret dalam proses pembelajaran sesuai dengan pemikiran KHD dan konteks sosial dan budaya di daerah Anda.

1Perasaan selama melakukan perubahan di kelas

Perasaan selama melakukan perubahan yang saya rasakan di kelas yaitu senang karena banyak ilmu yang saya dapat. Saya juga masih ingin terus belajar untuk memahami konsep pemikiran KHD untuk dapat saya implementasikan dalam praktik mengajar. Pada praktik saya mengupayakan untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Seperti selalu memberikan peseta didik untuk dapat menceritkan pengalaman pribadinya pada saat mengaitkan kegiatan pembelajaran di kelas. Banyak hal yang harus saya perbaiki dan tingkatkan dalam praktik dengan landasan pemikiran KHD.

 

2.    Ide atau gagasan yang timbul sepanjang proses perubahan

 

Ide atau gagasan yang timbul yaitu saya ingin dapat memberikan literasi yang menarik. Karena sejauh ini literasi yang diberikan pada anak cenderung menggunakan buku yang dimana konsep buku isinya hampir sama. Sehingga kegiatan invitasinya monoton membuat proyek taman, kebun dan rumah. Beranjak dari hal itu saya ingin dapat memberikan literasi yang dapat mendorong kreativitas anak dalam membuat proyek.

 

3.    Pembelajaran dan pengalaman dalam bentuk catatan praktik baik

 

Pembelajaran : proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Pada saat saya praktik, peserta didik banyak yang aktif di kelas dalam menyampaikan pendapatnya. Walaupun didalam proses pembelajaran adapun anak yang masih asik bermain sendiri. Sehingga itu membuat saya merasa tertantang untuk terus belajar dapat mengkondisikan anak saat proses pembelajaran.

 

Pengalaman: banyak pengalaman yang saya dapatkan setelah melaksanakan praktik di kelas salah satu yaitu saya belajar mengkondisikan anak dari awal kegiatan motoric kasar hingga kegiatan pembelajaran selesai. Selain itu saya belajar untuk memahami semua karakteristik peserta didik saya di kelas. Dari kegiatan yang saya laksanakan membuat saya ingin terus belajar dalam praktik di kelas dengan landasan pemikiran KHD.


5.    Anda juga dapat memasukkan ‘testimoni’ dari rekan guru dan peserta didik yang terlibat dalam proses perubahan yang Anda lakukan.

 

Testimoni dari rekan sejawat lebih meningkatkan lagi untuk mengkondisikan anak. jika dari guru pamong memberikan masukan dalam membat modul ajar disesuaikan dengan litersi yang dibacakan dan lebih ditingkatkan untuk mendorong anak untuk aktif. Dari peserta didik anak senang belajar dan bermain.

close