Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Pembelajaran Berdiferensiasi Topik 3: Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi

 Pembelajaran Berdiferensiasi Topik 3: Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi


1.      Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?

à Saya merasa puas dengan proses pembelajaran terkait strategi pengajaran yang dapat diterapkan untuk pembelajaran berdiferensiasi. Materi yang tersaji pada topik 3 ini sangat membantu saya untuk mengingat pembelajaran ketika perkuliahan sarjana. Sebagai calon guru, saya dapat menerapkan dan memvariasikan strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan kemampuan belajar, minat, dan tipe belajar peserta didik.

 

2.      Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?

à Setelah mempelajari topik 3 ini, saya mempunyai ide untuk mengaplikasikan beberapa strategi yang saya pelajari dalam pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Saya dapat memberikan variasi strategi pengajaran di setiap pertemuan supaya peserta didik tidak mudah bosan selama belajar di kelas. Saya juga dapat saling bertukar gagasan dengan teman sejawat untuk menambah referensi strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi.

 

3.      Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?

à Untuk merealisasikan ide pada nomor 2, saya akan menyusun modul ajar/RPP yang menggunakan salah satu strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi. Saya juga melakukan diskusi atau saling bertukar informasi dengan teman sejawat terkait proses pembelajaran di kelas supaya saya dapat memilih strategi pengajaran yang tepat. Selain itu, saya dapat mengumpulkan informasi dari beragam sumber mengenai strategi pembelajaran berdiferensiasi dan mempelajarinya lebih detail.

 

4.      Apa yang melatarbelakanginya?

à Yang melatarbelakangi saya untuk mencoba penerapan strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi adalah rasa bosan peserta didik selama belajar di kelas.


Potensi rasa bosan tersebut dikarenakan guru belum mengaplikasikan strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi peserta didik. Di kelas, setiap peserta didik mempunyai karakteristik dan kebutuhan belajar sesuai tipe belajar mereka. Oleh karena itu, tidak adil jika saya hanya mengedepankan teori tanpa melihat kondisi nyata di kelas.

 

5.      Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?

à Tujuan pengimplementasian strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi yaitu memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang disesuaikan dengan karakteristik mereka. Setiap peserta didik mempunyai tingkat kebutuhan belajar yang berbeda. Saya berharap dapat membantu peserta didik dalam belajar sesuai kemampuan dan apa yang mereka suka dengan menerapkan strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi,. Peserta didik juga dapat lebih mudah dalam memahami apa yang saya sampaikan sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan tercapai.

 

6.      Apa indikator keberhasilannya?

à Indikator keberhasilannya yakni sebagai guru, saya dapat menggunakan strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi yang selaras dengan kebutuhan belajar peserta didik. Selain itu, peserta didik menunjukkan ketertarikan ketika mengikuti berbagai kegiatan kelas yang guru sudah rencanakan selama di kelas dengan menerapkan strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi.

 

7.      Bagaimana langkahnya?

à Saya dapat mengamati kegiatan belajar dan karakter peserta didik sembari mengajar di kelas. Hasil pengamatan tersebut saya gunakan dalam menetukan strategi pengajaran pembelajaran berdiferensiasi untuk modul ajar/RPP di pertemuan berikutnya. Setelah itu, saya memilih media, kegiatan, dan jenis asesmen untuk pelaksanaan pembelajaran yang mengaplikasikan strategi pengajaran dalam pembelajaran berdiferensiasi. Berikutnya, saya mengevaluasi apa yang sudah saya terapkan untuk melihat kelebihan dan kekurangannya. Dengan demikian, saya dapat meningkatkan kemampuan dalam menerapkan strategi pengajaran untuk pembelajaran berdiferensiasi.

close