Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Topik 2: Aspek-Aspek Pembelajaran Berdiferensiasi

 

SEL.07.2-T2-7 Aksi Nyata

Selamat…!!!

Anda telah mempelajari teori tentang apa itu aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi. Anda boleh merefleksikan tentang apa yang sudah Anda pelajari dan akan lakukan. Semoga pembelajaran tentang topik ini banyak memberikan efek positif bagi Anda untuk melakukan pembelajaran yang lebih baik lagi. 

Refleksi aksi nyata:

  1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?
  2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?
  3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?
  4. Apa yang melatarbelakanginya?
  5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?
  6. Apa indikator keberhasilannya?
  7. Bagaimana langkahnya?

AKSI NYATA TOPIK 1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI


1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?

 Ya, saya puas dengan proses belajar pada topik ini. Hal ini karena saya memperoleh pengetahuan baru terkait pengertian dari pembelajaran berdiferensiasi, jenis keberagaman peserta didik, dan teori-teori yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi ini.

2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?

Ide yang saya peroleh kaitannya dengan pelaksanaan proses pembelajaran adalah memfasilitasi siswa dengan lebih banyak alternatif materi pembelajaran, penggunaan berbagai jenis media (gambar, video, pemaparan, dll.), dan jenis produk dalam projekprojek penugasan.

3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?

a. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan kesiapan belajar (readiness), minat belajar (interest), dan profil belajar para peserta didik (bisa dilakukan melalui wawancara, observasi, atau survey).

b. Merencanakan pembelajaran berdasarkan hasil pemetaan. Aspek diferensiasi yang dapat dilaksanakan dalam proses pembelajaran dapat meliputi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar.

c. Merefleksi dan mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan.

4. Apa yang melatarbelakanginya?

Latar belakang cara realisasi ide yang saya lakukan adalah teori-teori tentang pembelajaran berdiferensiasi yang diutarakan oleh Tomlinson baik pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek maupun aspek diferensiasi yang dapat dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Dengan menerapkan teori yang telah dikemukan oleh ahli, harapannya keberagaman para peserta didik dapat terfasilitasi dengan baik.

5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut? Tujuan dari ide kegiatan yang saya utarakan pada jawaban pertanyaan nomor 3 adalah untuk memfasilitasi keberagaman karakter, minat, dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

6. Apa indikator keberhasilannya?

Indikator keberhasilan dari tujuan kegiatan ini adalah respon yang positif dari para peserta didik ketika mengikuti kegiatan pembelajaran yang bisa dilihat dari antusias atau tidaknya mereka dan pemahaman yang baik terhadap materi yang dipelajari (bisa dilihat dari hasil asesmen).

7. Bagaimana langkahnya?

 Langkah penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam proses pembelajaran:

a. Melaksanakan asesmen diagnostik untuk memetakan peserta didik.

b. Merancang kegiatan pembelajaran (termasuk mempersiapkan materi, media, dan lembar kerja yang akan digunakan) yang beragam dan sesuai dengan asesmen diagnostik.

c. Melakukan refleksi dan evaluasi setelah kegiatan pembelajaran.

d. Melakukan perbaikan perancangan dan pelaksanaan proses pembelajaran berikutnya berdasarkan hasil evaluasi.

close