Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Nyata Topik 4: Rancangan dan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi

 Pembelajaran Berdiferensiasi

Matkul             : Pembelajaran Berdifensiasi   Topik 4 Aksi Nyata

1.      Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?

Saya sangat puas belajar pada Topik 4 ini karena dalam topik ini saya bisa sharing dengan guru penggerak yang tentunya jauh lebih berpengalaman dari saya. Tentang bagaimana cara penyusunan RPP atau Modul ajar yang benar dan contoh contoh proses pembelajaran yang menarik. Selain itu dalam diskusi, Guru penggerak memberi contoh bagaimana membuat RPP/Modul ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi tanpa meninggalkan format RPP / Modul ajar yang sebelummnya. Guru penggerakpun juga memfasilitasi mahasiswa untuk sharing berbagai kesulitan jika dalam pembuatan RPP

/ Modul Ajar mengalami kendala agar kompetensi yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal.

2.      Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?

Dari beberapa referensi yang saya dapat, saya memiliki ide untuk menggunakan beberapa bentuk media dalam penyampaian materi pembelajaran agar peserta didik mampu menangkap apa yang diajarkan. Dan dalam penugasan guru akan meminta peserta didik membuat tugas sesuai gaya belajar mereka. Disini saya melakukan variasi diferensiasi produk dan konten agar sesuai kemampuan yang dimiliki.

3.      Bagaimana caranya supaya Anda dapat merealisasikannya?

Sebelumnya saya sudah melakukan observasi dan mengetahui profil peserta didik. Dalam persiapan pembelajaran, saya akan berkolaborasi dengan teman yang PPL nya disekolah yang sama untuk membantu menyiapkan alat bahan dan sarana prasarana.

4.      Apa yang melatarbelakanginya?

Dalam observasi saya, ditemukan mayoritas siswa merasa bosan dan tidak memperhatikan guru dikelas. Itu karena pembelajaran kurang menyenangkan dan monoton selalu menggunakan metode konvesional atau ceramah. Selain itu guru kurang memperhatikan gaya belajar yang dimiliki oleh siswanya.

5.      Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?

Membangkitkan semangat dan antusias peserta didik dalam pembelajaran, Meningkatkan prestasi peserta didik Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan


dan variative, memudahkan peserta didik untuk memahami pembelajaran yang diajarkan.

6.      Apa indikator keberhasilannya?

Keberhasilan bisa dilihat dari bagaimana sikap peserta didik saat mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah dan menggunakan metode yang lebih bervariasi. Keaktifan dan antusiasme siswa serta bagaimana perhatian siswa terhadap guru dan pembelajaran.

7.      Bagaimana langkahnya?

a.       Melakukan assessment diagnostic

b.      Membuat tujuan pembelajaran

c.       Menyusun Modul/Rpp

d.      Melaksanakan pembelajaran

e.         Melakukan asesmen

f.        Melakukan evaluasi

close