Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi Pembelajaran Berdiferensiasi - Seminar PPG

 Jurnal Refleksi Pembelajaran Berdiferensiasi - Seminar Pendidikan Profesi Guru

Nama Mata kuliah

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Review pengalaman belajar.

TOPIK 1 : Teori-teori yang Mendasari Pembelajaran Berdiferensiasi

Pada topik 1 mempelajari tentang perlunya pembelajaran berdiferensiasi mengingat begitu banyaknya kebutuhan siswa yang harus dipenuhi. Pembelajaran berdiferensiasi dilakukan karena setiap individu itu berbeda satu dengan dan lainnya begitu juga setiap siswa dikelas pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Pengertian berdiferensiasi menurut Tomlison (2001) adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik sebagai individu. Atau bisa dikatakan juga bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan dan mampu mengakomodir kebutuhan peserta didik untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar peserta didik yang berbeda-beda.

TOPIK 2 : Aspek-aspek Pembelajaran Berdiferensiasi  

Pada topik 2 mempelajari tentang aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi yaitu konten/isi, proses, produk, dan lingkungan belajar. Konten merupakan materi yang diajarkan atau disampaikan pada peserta didik tentunya dengan mempertimbangkan pemetaan kebutuhan belajar peserta didik baik itu dalam aspek kesiapan belajar, aspek minat peserta didik dan aspek profil belajar peserta didik atau kombinasi dari ketiganya.

 

TOPIK 3 : Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi  

Pada topik 3 mempelajari tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi. Macam-macam strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu :

1.         strategi pengajaran langsung (direct instruction), 

2.         strategi pengajaran tak langsung (indirect instruction), 

3.         strategi pengajaran interaktif (interactive learning), 

4.         strategi pengajaran mandiri (self-learning), dan 

5.         strategi pengajaran melalui pengalaman (experimental). 

 

TOPIK 4 : Rancangan dan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi

Pada topik 4 mempelajari tentang langkah awal melakukan pembelajaran berdiferensiasi, dan menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran berdiferensiasi.

  

TOPIK 5 : Evaluasi Pada Pembelajaran Berdiferensiasi   

Pada topik 5 mempelajari tentang evaluasi pada pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan list evaluasi yang ada pada LMS.  

Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

TOPIK 4 : Rancangan dan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi

 

1)      Mengapa topik-topik tersebut penting dipelajari?

Menurut saya, topik yang sangat bermakna sebagai pengalaman belajar adalah pada topik ke empat, di mana saya menyusun rancangan pembelajaran diferensiasi dan mengimplementasikannya melalui partik mengajar yang dirancang sebagai simulasi pembelajaran. Topik-topik tersebut perlu dipelajari karena dengan mempelajari topik-topik bahasan pada mata kuliah pembelajaran berdiferensiasi saya menjadi paham terkait konsep pembelajaran berdiferensiasi. Dengan mempelajari topik tersebut pula saya dapat menyusun rancangan pembelajaran diferensiasi dan mengimplementasikannya. Sehingga dapat digunakan sebagai bekal dalam mengenali keragaman dan kebutuhan belajar peserta didik.Saya mempelajari topik-topik tersebut dengan alur MERDEKA yang merupakan akronim dari:

2)      Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut?

Dalam mempelajari materi pada topik-topik dalam mata kuliah pembelajaran berdiferensiasi, saya telah melakukan upaya-upaya yang mendukung pemahaman mengenai topik-topik tersebut. Upaya tersebut seperti membaca ekplorasi konsep dan menambah referensi lain dari sumber lain. Membuat infografis dan video rangkuman materi sebagai pemenuhan tugas dan juga aksi nyata yang beragam dalam mengimplementasikan topik-topik dalam mata kuliah berdiferensiasi.

3)      Apakah strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topiktopik tersebut penting bagi saya? Mengapa?

Strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting karena dengan melakukan eksplorasi konsep, berkolaborasi dengan teman sejawat beserta dosen, mendemonstrasikan hasil secara kontekstual dan merancang aksi nyata menjadikan sebuah pengalaman yang bermakna bagi saya dalam mempelajari serta mengimplikasi topiktopik terkait dengan kegiatan praktik di sekolah PPL I.

Analisis artefak pembelajaran

Berikut artefak demonstrasi konstektual


Pembelajaran bermakna (good practices)

Pembelajaran bermakna yang saya dapat di mata kuliah ini yaitu saya mendapatkan bekal untuk mampu mengenali keragaman dan kebutuhan belajar peserta didik. Di samping itu saya juga menjadi paham terkait empat aspek pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses, produk, lingkungan belajar) yang nantinya dapat saya implementasikan di kelas. Melalui strategi-strategi pembelajaran berdiferensiasi yang sudah saya pelajari, saya dapat merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi meskipun masih dalam kegiatan simulasi kegiatan belajar mengajar. Harapannya, pembelajaran bermakna yang sudah saya dapat di mata kuliah ini bisa terimplikasi dengan baik ketika praktik mengajar di sekolah PPL.

 

close