Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi PPL 1 Seminar Pendidikan Profesi Guru

Jurnal Refleksi PPL 1 Seminar Pendidikan Profesi Guru

Nama Mata kuliah

Praktik Pengalaman Lapangan I

Review pengalaman belajar.

Topik 1: Orientasi PPL I

Pada topik 1 ini, sebelum melakukan kegiatan observasi, mahasiswa mengikuti kegiatan orientasi yang dimaksudkan untuk mengenalkan mahasiswa PPG berbagai hal terkait sekolah, di antaranya manajemen pendidikan yang berlaku di sekolah tersebut, kultur sekolah serta berbagai kegiatan ekstra kurikuler dan kegiatan non akademik lainnya yang diterapkan di sekolah mitra.

Topik 2: Observasi

Pada kegiatan ini saya melakukan kegiatan observasi atau pengamatan mengenai karakteristik peserta didik, observasi RPP, observasi pelaksanaan pembelajaran, observasi manajamen sekolah, dan observasi lingkungan belajar di Sekolah.

 

Topik 3: Asistensi Mengajar PPL I

Pada topik 3 ini saya melakukan asistensi mengajar. Asistensi mengajar merupakan kegiatan mahasiswa PPG membantu GP melaksanakan tugas keguruan di sekolah. Pada kegiatan asistensi ini mahasiswa mengambil peran yang lebih sedikit dibanding GP dalam melaksanakan setiap tahapan pembelajaran.

 

Topik 4: Praktik Pembelajaran Terbimbing PPL I

Pada topik 4 ini saya melakukan praktik pembelajaran terbimbing. Mahasiswa PPG berlatih mengajar di bawah bimbingan intensif GP atau DPL. Setiap mahasiswa minimal melakukan tiga siklus praktik pembelajaran terbimbing dengan menggunakan format Lesson Study, melalui siklus Plan (merancang pembelajaran), Do/See (melaksanakan pembelajaran & observasi), Refleksi dan Tindak Lanjut.

 

Topik 5: Diskusi Refleksi Akhir PPL I

Pada topik 5 ini saya bersama dosen dan guru pamong akan melakukan diskusi refleksi akhir PPL 1.

Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

1.         Mengapa topik-topik tersebut penting dipelajari?

Materi tersebut penting untuk dipelajari karena saya sebagai calon guru professional perlu melakukan berbagai persiapan sebelum mengajar. Salah satu persiapan yang biasa dilakukan adalah merancang dan menyusun lesson plan atau RPP, Setelah melakukan penyususnan RPP/modul ajar saya melakukan praktik pembelajaran secara langsung di kelas. Saya berlatih mengajar di bawah bimbingan guru kelas dan guru pamong. Saya melakukan tiga siklus praktik pembelajaran terbimbing dengan menggunakan format Lesson Study, melalui kegiatan merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, refleksi, dan tindak lanjut. Melaui praktik terbimbing saya dapat belajar memahami berbagai macam  karakteristik peserta didik.

 

2.      Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut?

Saya mempelajari topik - topik ini melalui materi yang ada di LMS, penjelasan dari dosen, serta melakukan praktik secara langsung di sekolah PPL dengan mendapat masukan dan saran dari wali kelas, guru pamog, dan rekan sejawat saat melakukan kegiatan refleksi

3.      Apakah strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya? Mengapa?

Saya mempelajari banyak hal baru seperti cara penyusunan RPP atau Modul ajar yang baik dan benar. Hal ini dapat membantu saya untuk merancang kegiatan pembelajaran di kelas kelak ketiak saya menjadi guru profesional. Selanjutnya saya juga belajar bagaimana menysun RPP atau Modul yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik.

Artefak

Artefak

 

RPP siklus 1

Pembelajaran bermakna (good practices)

Setelah melakukan refleksi terkait mata kuliah PPL I, pembelajaran bermakna bagi saya yaitu saya akan meningkatkan kemampuan sebagai calon guru profesional, diantaranya kemampuan menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, guru sejawat, dan atau warga lingkungan sekolah, kompetensi pedagogik, cara mengelola kelas yang baik, dan belajar menjadi guru yang selalu beradaptasi dengan perubahan zaman dan teknologi.

 

close