Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Pada Masa Orde Baru


pendidikan pada masa orde baru

Pendidikan pada masa Orde Baru merupakan periode sejarah Indonesia di mana pendidikan diatur oleh pemerintah sebagai alat untuk menciptakan generasi yang patuh dan taat pada pemerintah. Pendidikan pada masa Orde Baru memiliki karakteristik tersendiri yang memengaruhi sistem pendidikan hingga saat ini.

Penghapusan Beasiswa Pendidikan

Pemerintah Orde Baru menghapus beasiswa pendidikan untuk mengurangi biaya pendidikan dan membatasi akses ke pendidikan tinggi. Hal ini membuat banyak siswa dan mahasiswa yang terkendala biaya menjadi putus asa dan tidak melanjutkan pendidikan mereka.

Penekanan pada Pendidikan Moral dan Agama

Kurikulum pendidikan pada masa Orde Baru menekankan pada pendidikan moral dan agama. Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi yang taat pada aturan dan patuh pada nilai-nilai agama. Hal ini menyebabkan kurangnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Penekanan pada Pendidikan Militer

Kurikulum pendidikan pada masa Orde Baru juga menekankan pada pendidikan militer. Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang patuh pada pemerintah dan siap membela negara. Namun, hal ini juga menyebabkan kurangnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Pendidikan Hanya untuk Golongan Tertentu

Pada masa Orde Baru, pendidikan hanya diperuntukkan bagi golongan tertentu yang memiliki dukungan politik. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang tidak memiliki akses ke pendidikan.

Batasan Kebebasan Berpendapat

Orang-orang yang dianggap menyampaikan pendapat yang tidak sejalan dengan pemerintah dapat dihilangkan dari daftar penerima pendidikan dan bahkan dipenjara. Keterbatasan kebebasan berpendapat memengaruhi pengembangan pendidikan di Indonesia.

Kualitas Rendah

Kualitas pendidikan pada masa Orde Baru rendah karena kurangnya dana dan fasilitas yang memadai. Hal ini menyebabkan banyak siswa dan mahasiswa tidak mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas.

Yang sering ditanyakan

Apakah Siswa dan Mahasiswa Dapat Memilih Sekolah atau Perguruan Tinggi yang Diinginkan?

Tidak, pada masa Orde Baru, siswa dan mahasiswa tidak dapat memilih sekolah atau perguruan tinggi yang diinginkan. Mereka hanya dapat masuk ke sekolah atau perguruan tinggi yang ditentukan oleh pemerintah.

Apakah Ada Beasiswa Pendidikan pada Masa Orde Baru?

Tidak, pada masa Orde Baru, pemerintah menghapus beasiswa pendidikan untuk mengurangi biaya pendidikan dan membatasi akses ke pendidikan tinggi.

Apakah Pendidikan pada Masa Orde Baru Berkualitas?

Secara umum, pendidikan pada masa Orde Baru memiliki kualitas yang rendah karena kurangnya dana dan fasilitas yang memadai.

Apakah Ada Batasan Kebebasan Berpendapat dalam Pendidikan?

Ya, pada masa Orde Baru, ada batasan kebebasan berpendapat dalam pendidikan. Orang-orang yang dianggap menyampaikan pendapat yang tidak sejalan dengan pemerintah dapat dihilangkan dari daftar penerima pendidikan dan bahkan dipenjara.

Apakah Kurikulum Pendidikan pada Masa Orde Baru Menekankan pada Pendidikan Militer?

Ya, kurikulum pendidikan pada masa Orde Baru menekankan pada pendidikan militer. Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang patuh pada pemerintah dan siap membela negara.

Apakah Kurikulum Pendidikan pada Masa Orde Baru Menekankan pada Pendidikan Moral dan Agama?

Ya, kurikulum pendidikan pada masa Orde Baru menekankan pada pendidikan moral dan agama. Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi yang taat pada aturan dan patuh pada nilai-nilai agama.

Apakah Ada Keterbatasan Akses Pendidikan pada Masa Orde Baru?

Ya, pada masa Orde Baru, pendidikan hanya diperuntukkan bagi golongan tertentu yang memiliki dukungan politik. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang tidak memiliki akses ke pendidikan.

Bagaimana Dampak Pendidikan pada Masa Orde Baru terhadap Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia?

Pendidikan pada masa Orde Baru menekankan pada pendidikan moral dan agama serta pendidikan militer sehingga kurangnya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Pros

Salah satu keuntungan dari pendidikan pada masa Orde Baru adalah terciptanya generasi yang taat pada pemerintah dan patuh pada nilai-nilai agama. Hal ini penting untuk menciptakan masyarakat yang stabil dan harmonis.

Tips

Penting untuk memperhatikan kualitas pendidikan agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Kesimpulan dari pendidikan pada masa orde baru

Pendidikan pada masa Orde Baru memiliki karakteristik tersendiri yang memengaruhi sistem pendidikan Indonesia hingga saat ini. Beberapa ciri khas dari pendidikan pada masa Orde Baru adalah penghapusan beasiswa, penekanan pada pendidikan moral dan agama serta pendidikan militer, keterbatasan akses pendidikan, dan kualitas pendidikan yang rendah.


close