Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jurnal Refleksi Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

Seminar Pendidikan Profesi Guru Seminar Pendidikan Profesi Guru 02.05.1-4-b Jurnal Refleksi - Matakuliah Selektif dan Elektif


JURNAL SEMINAR PENDIDIKAN PROFESI GURU

Nama Mataku liah

Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran

Review pengal aman belajar.

Dalam mata kuliah Teknologi Baru dalam Pengajaran dan Pembelajaran, saya mempelajari 7 topik yaitu:

-       Topik 1 : Perkembangan Teknologi, Media dan Pembelajaran

Pada topik 1 saya mempelajari tentang perkembangan TIK, dimana komputer pertama masuk ke sekolah pada akhir tahun 1970-an yang terus berkembang hingga saat ini, diikuti juga dengan kehadiran printer, floppy disk drive, scanner dan kamera digital. Kemudian internet muncul bersama dengan jaringan komputer, World Wide Web, email dan mesin pencari. Lahirlah istilah TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mencakup banyak teknologi dan memungkinkan untuk menerima informasi serta berkomunikasi atau saling bertukar informasi dengan orang lain, teknologi ini pun juga sangat diperlukan untuk institusi Pendidikan.

Dalam proses pembelajaran abad ke-21, teknologi informasi dan komunikasi merupakan alat bantu dalam upaya mencapai proses pembelajaran yang mengutamakan kemampuan keterampilan kecakapan abad ke-21 yang harus dimiliki oleh peserta didik. Pengaruh perkembangan TIK meluas ke berbagai bidang kehidupan. Pendidikan merupakan suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan nilai sosial, budaya, moral dan agama serta mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan dan pengalaman dalam kehidupan nyata. Untuk itu dalam pendidikan diperlukan proses pembelajaran yang efektif dan efisien yang menjadikan peserta belajar dapat menyerap informasi dan pengetahuan serta teknologi yang dipelajarinya sebagai bagian dari dirinya.

 

-       Topik 2 : Lingkungan Belajar Abad 21

Pada topik 2 saya mempelajari tentang lingkungan belajar abad 21. Untuk mendorong pembelajaran pada peserta didik, perlu diciptakan lingkungan belajar yang sesuai dan bermakna. Guru perlu mengetahui karakteristik peserta didik, hasil belajar yang diharapkan (tujuan) harus sudah ditentukan, guru juga harus memilih strategi dan bahan yang sesuai serta memilih teknologi dan media terbaik yang tersedia dan dapat digunakan dengan benar untuk mendorong pembelajaran yang optimal. Guru harus berpengalaman dalam praktik terbaik untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam kurikulum dan pembelajaran. Namun salah satu permasalahan era digital yaitu hak cipta untuk melindungi kepentingan pencipta, produsen, dan distributor karya asli teknologi informasi dan seni.

Pembelajaran era digital sekarang sudah tidak lagi berpusat pada guru tetapi sudah bergeser. Pembelajaran saat ini harus berpusat pada peserta didik itu sendiri (student

centered). Peserta didik digital belajar di ruang kelas dimana mereka belajar dengan


 

menggunakan teknologi dan media yang memperluas kemampuan peserta didik secara mandiri.

 

-        Topik 3 : Teknologi dan Media untuk Pembelajaran

Pada topik 3 saya mempelajari tentang teknologi dan media untuk pembelajaran. Guru berperan membangun pengalaman belajar yang mendorong hasil belajar yang telah ditentukan. Guru harus menggabungkan pengetahuan dan keterampilan yang terkait dengan materi pelajaran dan keterampilan literasi informasi. Dengan menggunakan teknologi guru juga harus membantu peserta didik untuk mengetahui cara mempelajari informasi dan mengkomunikasikan pengetahuan. Peran guru adalah membimbing peserta didik untuk menggunakan media sebagai sumber belajar dengan cara yang bijak, aman, dan produktif.

Pengajaran yang efektif membutuhkan perencanaan yang cermat termasuk mengajar dengan menggunakan perangkat teknologi dan media pembelajaran. ASSURE merupakan langkah yang digunakan untuk memastikan pembelajaran berlangsung efektif. Langkah tersebut adalah: Analyze learners (menganalisis peserta didik), State standards and objectives (merumuskan standar dan tujuan pembelajaran), Select Strategies and resources (memilih strategi dan sumber belajar), Utilize resources (memanfaatkan sumber belajar), Require learner participation (partisipasi peserta didik dalam pembelajaran), serta Evaluate and revise (menilai dan merevisi pembelajaran).

 

-        Topik 4 : Pemanfaatan Perangkat Digital

Pada topik 4 ini saya mempelajari pemanfaatan perangkat digital. Perangkat digital dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan pembelajaran. Teknologi dapat membantu guru dan peserta didik dalam memelihara informasi tentang pembelajaran mereka dan dalam membimbing instruksi. Artinya, perangkat digital dapat mengatur dan menyimpan dengan mudah. Guru memerlukan kerangka kerja untuk menggunakan teknologi yang mencakup berbagai karakteristik pembelajaran dan mengakomodasi berbagai strategi pengajaran. Yang terpenting, hasil harus dapat diukur agar selaras dengan serangkaian tujuan pembelajaran yang jelas. Di ruang kelas yang kaya teknologi, guru dan peserta didik terlibat dalam pemecahan masalah, menumbuhkan kreativitas, berkolaborasi secara global.

 

-        Topik 5 : Perangkat Web dalam Pembelajaran

Pada topik 5 saya mempelajari tentang perangkat web dalam pembelajaran. Web 2.0 hadir untuk menggantikan peran web 1.0 di mana interaksi sosial di dunia maya sudah dianggap sebagai kebutuhan. Sehingga web 2.0 memiliki beberapa ciri yang mencolok yaitu share, collaborate, dan exploit. Penggunaan web untuk berbagi, menjalin pertemanan, dan saling berkolaborasi menjadi sesuatu yang penting. Teknologi web 2.0 mempunyai tingkat kedinamisan yang baik. Hal tersebut yang menjadikan web 2.0 sebagai dasar bagi pengembangan model pembelajaran di abad

pengetahuan, dengan menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk dapat melakukan


 

proses penciptaan, kolaborasi, penyimpanan, ekstraksi dan berbagi pengetahuan secara online dengan sesama pengguna di seluruh dunia. Dengan itu, sekat ilmu pengetahuan dapat dihilangkan. Web 2.0 hadir untuk menggantikan peran web 1.0 di mana interaksi sosial di dunia maya sudah dianggap sebagai kebutuhan. Sehingga web 2.0 memiliki beberapa ciri yang mencolok yaitu share, collaborate, dan exploit. Penggunaan web untuk berbagi, menjalin pertemanan, dan saling berkolaborasi menjadi sesuatu yang penting.

 

-        Topik 6 : Pembelajaran Jarak Jauh

Pada topik 6 saya mempelajari tantang pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh merupakan pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang tidak berkumpul bersama di satu tempat secara rutin untuk menerima pelajaran secara langsung dari guru. Guru harus dapat memilih teknologi dan media terbaik untuk mendukung pembelajaran. Media yang dapat digunakan guru dan peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh berupa komputer, laptop, atau tablet’ serta jaringan internet yang stabil. Sedangkan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh dapat berupa video seperti Zoom, Microsoft Teams, Google Meet, dsb.

 

-        Topik 7 : Meningkatkan Pembelajaran dengan Multimedia

Refleks i pengal aman belajar yang dipilih

Pengalaman belajar yang dipilih: Topik 3 Teknologi dan Media untuk Pembelajaran

 

1)    Mengapa topik-topik tersebut penting dipelajari?

Topik tersebut penting dipelajari karena di era digital ini saya sebagai calon guru professional harus mampu menerapkan teknologi dan media dalam pembelajaran. Hal ini bertujuan agar pembelajaran efektif. Dengan menerapkan teknologi dan media dalam pembelajaran, dapat memudahkan proses belajar mengajar baik bagi tenaga pendidik maupun peserta didik. Model ASSURE memberikan langkah yang efektif untuk mengintegrasikan teknologi, media dan metode dalam pembelajaran. Langkah-langkah tersebut adalah: menganalisis peserta didik, merumuskan standar dan tujuan, memilih strategi dan sumber daya, memanfaatkan sumber daya, partisipasi pembelajar yang seimbang, serta menilai dan merevisi.

 

2)    Bagaimana saya mempelajari topik-topik yang ada pada mata kuliah tersebut?

Saya mempelajari topik tersebut dengan membaca materi pada bagian eksplorasi konsep dan mengkolaborasikan dengan materi yang disampaikan dosen mata kuliah, mengerjakan tagihan LMS dengan mencari referensi yang relevan dari berbagai sumber, dan kemudian merumuskan aksi nyata yang merupakan bentuk implementasi dari teori yang sudah dipelajari.


 

3) Apakah strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik-topik tersebut penting bagi saya? Mengapa?)

Strategi yang diimplementasikan dalam mempelajari topik tersebut penting bagi saya. Dengan hal ini saya dapat menuliskan rancangan pembelajaran sederhana integrasi teknologi baru, media dan metode dengan model ASSURE.

Analisi s artefak pembel ajaran

Ruang Kolaborasi Link google drive:

 Analisis: Pada bagian Ruang Kolaborasi berisi rangkuman model ASSURE, yang selanjutnya dipresentasikan dan didiskusikan di kelas.

 

Elaborasi Pemahaman Capture hasil pekerjaan:

 


 

Analisis: Pada bagian Elaborasi Pemahaman berisi pertanyaan terkait bagian yang belum saya pahami mengenai model ASSURE.

 

Koneksi Antar Materi Link google drive:


Analisis: Pada bagian Koneksi Antar Materi berisi infografis model ASSURE tentang integrasi teknologi dan media untuk pembelajaran yang berkaitan dengan materi di tempat PPL.

 

Aksi Nyata

Link google drive: 

Analisis: Pada bagian Aksi Nyata berisi rancangan pembelajaran sederhana integrasi teknologi baru, media dan metode dengan model ASSURE.

****


Pembel ajaran bermak na (good practic es)

Bagaimana saya akan menggunakan apa yang sudah dipelajari untuk memperbaiki diri saya sebagai individu dan sebagai guru, serta membawa perubahan terhadap siswa?

Pembelajaran bermakna yang dapat saya ambil dari mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran adalah saya memperoleh pengetahuan baru terkait teknologi dan media yang digunakan untuk pembelajaran di era digital ini. Peran guru adalah membimbing peserta didik untuk menggunakan media sebagai sumber belajar dengan cara yang bijak, aman, dan produktif. Salah satu cara agar pengajaran menggunakan perangkat teknologi dan media pembelajaran lebih efektif dengan menerapkan model ASSURE.


close