Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Jenis-Jenis Khiyar


Pengertian dan JenisJenis Khiyar dalam Islam Ladiescorner

Pendahuluan

Khiyar adalah istilah dalam hukum Islam yang secara harfiah berarti "pilihan". Dalam konteks hukum Islam, khiyar merujuk pada hak seorang pembeli untuk membatalkan atau meneruskan transaksi jual beli setelah melihat barang yang dibelinya. Khiyar ini merupakan salah satu konsep penting dalam hukum Islam yang memberikan fleksibilitas kepada pihak yang terlibat dalam transaksi. Dalam artikel ini, akan dijelaskan pengertian dan jenis-jenis khiyar yang perlu diketahui oleh umat Muslim.

Pengertian Khiyar

Khiyar dapat diartikan sebagai hak pilihan yang dimiliki oleh salah satu pihak dalam transaksi jual beli untuk membatalkan atau melanjutkan transaksi tersebut setelah melihat barang yang dibelinya. Dalam hukum Islam, khiyar ini bersifat opsional, artinya pihak yang memiliki khiyar dapat memilih untuk menggunakan haknya atau tidak. Khiyar ini diberikan sebagai perlindungan bagi pembeli agar tidak terjebak dalam transaksi yang merugikan.

Jenis-Jenis Khiyar

Ada beberapa jenis khiyar yang diakui dalam hukum Islam, antara lain:

1. Khiyar Syarat

Khiyar syarat adalah jenis khiyar yang memungkinkan pembeli untuk membatalkan transaksi jika terdapat syarat-syarat yang tidak terpenuhi. Misalnya, seorang pembeli membeli sebuah mobil dengan syarat mobil tersebut memiliki kondisi mesin yang baik. Jika setelah melihat mobil tersebut, pembeli menemukan bahwa kondisi mesinnya buruk, pembeli dapat membatalkan transaksi.

2. Khiyar 'Aib

Khiyar 'aib adalah jenis khiyar yang memungkinkan pembeli untuk membatalkan transaksi jika terdapat cacat atau kekurangan pada barang yang dibelinya. Misalnya, seorang pembeli membeli sebuah televisi dengan syarat televisi tersebut memiliki layar yang tidak pecah. Jika setelah melihat televisi tersebut, pembeli menemukan bahwa layarnya pecah, pembeli dapat membatalkan transaksi.

3. Khiyar Majlis

Khiyar majlis adalah jenis khiyar yang memungkinkan pembeli untuk membatalkan transaksi selama masih berada di tempat transaksi. Misalnya, seorang pembeli membeli sebuah pakaian di sebuah toko. Setelah melihat pakaian tersebut dengan cermat, pembeli tidak puas dengan kualitasnya dan memutuskan untuk membatalkan transaksi sebelum meninggalkan toko.

4. Khiyar Ru'yah

Khiyar ru'yah adalah jenis khiyar yang memungkinkan pembeli untuk membatalkan transaksi jika terdapat perbedaan antara barang yang dilihat dengan barang yang diterima. Misalnya, seorang pembeli membeli sebuah baju berwarna merah setelah melihatnya di toko. Namun ketika barang tersebut diterima, ternyata baju yang diterima berwarna biru. Pembeli dapat membatalkan transaksi karena perbedaan warna tersebut.

5. Khiyar Ta'yin

Khiyar ta'yin adalah jenis khiyar yang memungkinkan pembeli untuk membatalkan transaksi jika terdapat ketidakpastian mengenai barang yang dibelinya. Misalnya, seorang pembeli membeli sebuah handphone tetapi tidak yakin apakah handphone tersebut memiliki garansi resmi atau tidak. Jika setelah membeli, pembeli mengetahui bahwa handphone tersebut tidak memiliki garansi resmi, pembeli dapat membatalkan transaksi.

Kesimpulan

Khiyar adalah hak pilihan yang dimiliki oleh pembeli dalam transaksi jual beli dalam hukum Islam. Terdapat beberapa jenis khiyar yang dapat digunakan oleh pembeli, antara lain khiyar syarat, khiyar 'aib, khiyar majlis, khiyar ru'yah, dan khiyar ta'yin. Pemahaman mengenai pengertian dan jenis-jenis khiyar ini penting bagi umat Muslim agar dapat melindungi diri mereka dalam transaksi jual beli yang dilakukan.


close