Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Kota Fatima Di Portugal


Foto Sejarah Nama Kota Fatima di Portugal

Pendahuluan

Menyingkap Keindahan Dan Sejarah Kota Fatima di Portugal

Portugal, sebuah negara kecil di Eropa Barat, terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Salah satu kota yang menjadi destinasi wisata populer di Portugal adalah kota Fatima. Kota ini terkenal karena menjadi tempat ziarah bagi umat Katolik dari seluruh dunia. Namun, selain keberadaannya sebagai pusat ziarah, Kota Fatima juga memiliki sejarah yang menarik yang layak untuk dijelajahi.

Sejarah Fatima

Asal Usul Nama Fatima

Nama Fatima diambil dari nama seorang gadis Arab, yang dianggap suci oleh umat Muslim. Fatima binti Muhammad adalah putri dari Nabi Muhammad. Menariknya, cerita asal nama Fatima di Portugal bermula dari sebuah legenda yang menyebutkan bahwa seorang pria di wilayah tersebut menemukan patung kayu yang menggambarkan sosok Maria, ibu Yesus, yang diberi nama Fatima. Patung tersebut kemudian dihormati sebagai objek keagamaan dan menjadi tolak ukur bagi pembangunan kota ini.

Miracle of the Sun

Pada tahun 1917, Fatima menjadi terkenal secara internasional karena kejadian yang dikenal sebagai Miracle of the Sun. Kejadian ini terjadi pada tanggal 13 Oktober 1917, di mana ribuan orang berkumpul di daerah Cova da Iria untuk menyaksikan mukjizat yang dikatakan akan terjadi. Menurut catatan sejarah, matahari tiba-tiba berputar dan mengeluarkan berbagai warna cahaya yang indah. Kejadian ini membuat Fatima semakin terkenal sebagai tempat ziarah dan menarik perhatian dunia internasional.

Tempat Wisata di Fatima

1. Basilika Fatima

Basilika Fatima adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi para peziarah Katolik. Basilika ini dibangun pada tahun 1953 dan menjadi salah satu tempat paling suci di dunia bagi umat Katolik. Di dalamnya terdapat makam Santo Fransiskus dan Yacinta Marto, dua dari tiga anak yang melihat penampakan Bunda Maria pada tahun 1917.

2. Kapel Penyembuhan

Kapel Penyembuhan adalah tempat di mana orang-orang datang untuk berdoa dan mencari kesembuhan fisik maupun spiritual. Di kapel ini terdapat air suci yang diyakini memiliki kekuatan penyembuhan. Banyak yang melaporkan kesembuhan dan keajaiban setelah mengunjungi kapel ini.

3. Rumah Penyinaran

Rumah Penyinaran adalah tempat tinggal ketiga anak yang melihat penampakan Bunda Maria. Rumah ini sekarang menjadi museum yang menampilkan berbagai artefak dan dokumentasi tentang kejadian yang terjadi pada tahun 1917. Pengunjung dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan pesan yang disampaikan oleh Bunda Maria kepada anak-anak tersebut.

Pariwisata Religius di Fatima

Ziarah Fatima

Setiap tahun, jutaan umat Katolik dari seluruh dunia melakukan ziarah ke Kota Fatima. Mereka datang untuk berdoa, mengungkapkan rasa syukur, dan mencari pengampunan. Ziarah ini biasanya meliputi kunjungan ke Basilika Fatima, Kapel Penyembuhan, dan Rumah Penyinaran.

Perayaan Aniversari Kejadian Miracle of the Sun

Tanggal 13 Oktober setiap tahunnya, Kota Fatima merayakan peringatan Miracle of the Sun. Ribuan orang berkumpul di Cova da Iria untuk mengenang kejadian yang terjadi pada tahun 1917 tersebut. Perayaan ini meliputi prosesi, misa terbuka, dan berbagai acara keagamaan lainnya.

Kesimpulan

Kota Fatima di Portugal menjadi tempat ziarah yang terkenal di dunia bagi umat Katolik. Namun, selain sebagai tujuan ziarah, Kota Fatima juga memiliki sejarah yang menarik dan tempat-tempat wisata yang indah. Basilika Fatima, Kapel Penyembuhan, dan Rumah Penyinaran adalah beberapa tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Fatima. Jadi, jika Anda memiliki rencana untuk mengunjungi Portugal, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi sejarah dan keindahan Kota Fatima.


close