Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Alhamdulillah Menurut Kbbi


Pengertian Alhamdulillah

Alhamdulillah adalah frasa dalam bahasa Arab yang sering digunakan oleh umat Muslim untuk mengungkapkan rasa syukur dan penghargaan kepada Allah SWT. Secara harfiah, alhamdulillah berarti "segala puji bagi Allah" atau "semua puji hanya bagi Allah". Frasa ini juga merupakan bagian dari doa dan dzikir yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Definisi Alhamdulillah menurut KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), alhamdulillah tidak memiliki definisi khusus. KBBI hanya mencantumkan kata "alhamdulillah" sebagai kata serapan yang berasal dari bahasa Arab. Dalam bahasa Arab, alhamdulillah merupakan bentuk pengucapan rasa syukur yang kuat kepada Allah SWT.

Contoh Penggunaan Alhamdulillah dalam Kalimat

1. Setelah lulus ujian, Aminah berkata, "Alhamdulillah, saya bisa mendapatkan nilai yang baik."

2. "Alhamdulillah, proses operasi berjalan dengan lancar dan pasien dalam kondisi stabil," kata dokter kepada keluarga pasien.

3. "Alhamdulillah, kita berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan," kata kepala tim setelah meraih kemenangan dalam pertandingan.

Antonim Alhamdulillah

Sebagai ekspresi rasa syukur, alhamdulillah tidak memiliki antonim yang khusus dalam kamus. Namun, jika ingin mengungkapkan ketidakpuasan atau ketidakberterima kasih, beberapa kata yang bisa digunakan sebagai antonim alhamdulillah antara lain:

- Tidak bersyukur

- Tidak puas

- Tidak berterima kasih

Sinonim Alhamdulillah

Beberapa kata yang dapat digunakan sebagai sinonim alhamdulillah antara lain:

- Bersyukur

- Memuji Allah

- Mengucapkan puji dan syukur

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai arti alhamdulillah menurut KBBI. Terimakasih dan alhamdulillah!


close