Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Berdukacita Menurut Kbbi


Apakah kamu pernah mendengar kata "berdukacita" sebelumnya? Jika ya, mungkin kamu penasaran apa arti sebenarnya dari kata tersebut. Nah, kali ini kami akan menjelaskan arti berdukacita menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) secara lengkap. Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Berdukacita

Berdasarkan KBBI, berdukacita memiliki arti sebagai berikut:

"merasa sedih atau berduka karena ada sesuatu yang menimpa diri sendiri atau orang lain"

Arti tersebut menjelaskan bahwa berdukacita merupakan perasaan sedih atau berduka karena ada sesuatu yang menimpa diri sendiri atau orang lain. Ketika seseorang mengalami kesedihan atau duka yang mendalam, maka dia dapat dikatakan sedang berdukacita.

Contoh Penggunaan Berdukacita dalam Kalimat

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata "berdukacita" dalam kalimat:

  1. Saat mendengar kabar meninggalnya teman dekat, saya merasa sangat berdukacita.
  2. Setelah kehilangan pekerjaan, ia berdukacita dalam jangka waktu yang cukup lama.
  3. Keluarga tersebut berdukacita atas kepergian anggota keluarga yang sangat mereka cintai.

Dalam contoh-contoh kalimat di atas, kata "berdukacita" digunakan untuk menggambarkan perasaan sedih atau berduka yang dialami oleh seseorang dalam situasi yang berbeda-beda. Dalam kalimat pertama, seseorang merasa sangat berdukacita setelah mendengar kabar meninggalnya teman dekatnya. Sedangkan dalam kalimat kedua, seseorang merasakan dukacita yang berkepanjangan setelah kehilangan pekerjaan.

Antonim Berdukacita

Terdapat beberapa antonim kata "berdukacita", yaitu:

  1. Berbahagia
  2. Senang
  3. Gembira

Antonim merupakan kata-kata yang memiliki arti kebalikan atau berlawanan dengan kata yang sedang dibahas. Jadi, jika "berdukacita" memiliki arti sedih atau berduka, maka antonimnya adalah kata-kata seperti "berbahagia", "senang", atau "gembira" yang memiliki arti kebahagiaan atau kegembiraan.

Sinonim Berdukacita

Beberapa sinonim kata "berdukacita" adalah:

  1. Bersedih
  2. Meratap
  3. Mengaduh
  4. Mengeluh
  5. Menyedihkan

Sinonim merupakan kata-kata yang memiliki arti yang mirip atau hampir sama dengan kata yang sedang dibahas. Jadi, jika kamu ingin menggunakan kata "berdukacita" dalam kalimat, kamu juga dapat menggunakan sinonim-sinonim tersebut untuk menggantikannya.


close