Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Macam-Macam Mad


Pengertian Mad Asli soakploaty

Artikel ini akan menjelaskan pengertian dan macam-macam MAD (Mutually Assured Destruction) dalam politik internasional.

Di dunia politik internasional, terdapat banyak istilah dan konsep yang penting untuk dipahami. Salah satunya adalah MAD atau Mutually Assured Destruction. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian dari MAD dan macam-macam MAD yang ada.

Pengertian MAD

MAD adalah sebuah konsep dalam politik internasional yang mengacu pada situasi di mana dua negara atau lebih memiliki kemampuan untuk saling menghancurkan secara total dan bersama-sama jika terjadi serangan nuklir. Konsep ini muncul pada masa Perang Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Secara sederhana, MAD berarti jika satu negara meluncurkan serangan nuklir terhadap negara lain, maka negara yang diserang akan membalas dengan serangan nuklir yang sama dahsyatnya. Dalam situasi ini, kedua negara (atau lebih) akan mengalami kerugian yang besar dan bahkan bisa mengakibatkan kehancuran total.

Konsep MAD didasarkan pada pemikiran bahwa dengan adanya ancaman saling menghancurkan ini, kedua negara akan berpikir dua kali sebelum memulai perang nuklir. Dalam teori ini, ancaman kehancuran total menjadi penghalang untuk menggunakan senjata nuklir secara aktif.

Macam-Macam MAD

Ada beberapa macam MAD yang umum dikenal dalam politik internasional. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. MAD Simetris

MAD simetris terjadi ketika dua negara memiliki kemampuan nuklir yang setara. Artinya, keduanya memiliki jumlah dan kekuatan senjata nuklir yang hampir sama. Dalam situasi ini, kedua negara memiliki ancaman saling menghancurkan yang setara dan akan berpikir dua kali sebelum meluncurkan serangan nuklir.

2. MAD Asimetris

MAD asimetris terjadi ketika satu negara memiliki kekuatan nuklir yang jauh lebih besar daripada negara lain. Dalam situasi ini, negara yang memiliki kekuatan nuklir yang lebih besar akan menjadi ancaman yang lebih besar bagi negara lain. Namun, konsep MAD tetap berlaku karena negara yang lebih lemah masih memiliki kemampuan untuk merespons serangan dengan serangan nuklir yang menyebabkan kerugian besar bagi negara yang lebih kuat.

3. MAD Terbatas

MAD terbatas terjadi ketika negara-negara memiliki kemampuan nuklir yang terbatas. Artinya, jumlah senjata nuklir yang dimiliki oleh kedua negara tidak cukup untuk menghancurkan secara total. Dalam situasi ini, ancaman saling menghancurkan masih ada, tetapi kerugian yang akan dialami tidak sebesar dalam MAD simetris atau asimetris.

4. MAD Global

MAD global terjadi ketika hampir semua negara di dunia memiliki kemampuan nuklir. Dalam situasi ini, ancaman saling menghancurkan melibatkan banyak negara dan bisa mengakibatkan kehancuran total bagi seluruh umat manusia. MAD global merupakan skenario terburuk dalam politik internasional dan menjadi alasan utama mengapa komunitas internasional berusaha mencegah penyebaran senjata nuklir ke negara-negara lain.

Demikianlah artikel ini menjelaskan pengertian dan macam-macam MAD dalam politik internasional. Konsep MAD sangatlah penting untuk dipahami karena berkaitan dengan keamanan dan stabilitas dunia. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah pengetahuan kita tentang politik internasional.


close