Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Berdirinya Negara Ukraina


EXPLAINED Why Kharkiv is one of Ukraine’s most vulnerable cities

Pendahuluan

Ukraina adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Timur. Negara ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, dengan berbagai pengaruh dari budaya dan kekuatan politik yang berbeda. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang sejarah berdirinya negara Ukraina, dari awal hingga masa kini.

Masa Pra-Sejarah

Wilayah yang sekarang menjadi Ukraina telah dihuni sejak zaman prasejarah. Bukti arkeologis menunjukkan bahwa manusia sudah tinggal di daerah ini sejak lebih dari 30.000 tahun yang lalu. Pada abad ke-9, bangsa Slavia Timur mulai bermigrasi ke wilayah ini dan membentuk komunitas yang menjadi cikal bakal masyarakat Ukraina.

Pengaruh Kekaisaran Rusia

Pada abad ke-10, wilayah Ukraina menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia. Pada masa ini, bangsa Rusia memperluas wilayah kekuasaannya dan mempraktikkan kebijakan Russifikasi di Ukraina. Hal ini menyebabkan munculnya perlawanan dari masyarakat Ukraina yang ingin mempertahankan identitas dan budaya mereka sendiri.

Kekuatan Kekaisaran Austria-Hongaria dan Polandia

Pada abad ke-18, Ukraina dibagi menjadi beberapa wilayah yang dikuasai oleh Kekaisaran Austria-Hongaria dan Polandia. Di bawah kekuasaan Polandia, budaya dan bahasa Ukraina ditekan, sementara di bawah kekuasaan Austria-Hongaria, masyarakat Ukraina diberikan kebebasan yang lebih besar.

Kemerdekaan Ukraina

Pada awal abad ke-20, Ukraina memperoleh kemerdekaan setelah runtuhnya Kekaisaran Rusia akibat Revolusi Rusia. Pada tahun 1917, Ukraina mendeklarasikan kemerdekaannya dan membentuk Republik Rakyat Ukraina. Namun, kemerdekaan ini tidak bertahan lama karena Ukraina menjadi medan pertempuran antara pasukan Bolshevik dan pasukan anti-Bolshevik.

Pertempuran dengan Uni Soviet

Pada tahun 1922, Ukraina menjadi salah satu pendiri Uni Soviet. Selama periode ini, Ukraina mengalami kebijakan kolektivisasi yang keras dan kelaparan massal yang dikenal sebagai Holodomor. Jutaan orang Ukraina meninggal akibat kelaparan dan kebijakan represif Uni Soviet.

Perang Dunia II dan Pasca Perang

Selama Perang Dunia II, Ukraina menjadi medan pertempuran utama antara Jerman Nazi dan Uni Soviet. Banyak kota dan desa di Ukraina hancur akibat perang ini. Setelah perang berakhir, Ukraina menjadi salah satu republik Uni Soviet dan mengalami periode pembangunan dan industrialisasi yang pesat.

Kemerdekaan Ukraina Kembali

Pada tahun 1991, setelah runtuhnya Uni Soviet, Ukraina mendeklarasikan kemerdekaannya yang kedua kalinya. Negara ini menjadi salah satu negara penerus Uni Soviet yang merdeka. Setelah kemerdekaan, Ukraina menghadapi berbagai tantangan politik dan ekonomi, termasuk krisis ekonomi pada tahun 2014 yang mengakibatkan pergantian kekuasaan.

Masa Kini

Saat ini, Ukraina masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk konflik dengan Rusia di wilayah timur. Namun, negara ini telah melakukan reformasi politik dan ekonomi untuk memperkuat demokrasi dan pertumbuhan ekonomi. Ukraina juga aktif dalam hubungan internasional dan menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kesimpulan

Sejarah Ukraina merupakan perjalanan panjang dari masa pra-sejarah hingga masa kini. Negara ini telah mengalami berbagai pengaruh dari kekuatan politik dan budaya yang berbeda, serta menghadapi tantangan dan perubahan yang signifikan. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, Ukraina terus berusaha untuk memperkuat identitas dan kedaulatannya sebagai negara yang merdeka.


close