Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Dan Fakta Kota Ankara


10 Fakta Unik Ankara, Kota Terbesar Kedua di Turki

Sejarah Kota Ankara

Kota Ankara adalah ibu kota Turki yang terletak di bagian tengah negara. Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya dengan banyak peristiwa penting yang terjadi di dalamnya. Sejarah kota ini dapat ditelusuri dari zaman kuno hingga masa modern. Pada zaman Yunani Kuno, Ankara dikenal dengan nama Ancyra dan merupakan bagian dari Kekaisaran Romawi. Pada abad ke-4, kota ini menjadi ibu kota Kekaisaran Romawi Timur dan menjadi pusat penting bagi Kekristenan di wilayah tersebut.

Penaklukan oleh Kesultanan Utsmaniyah

Pada abad ke-14, Ankara ditaklukkan oleh Kesultanan Utsmaniyah dan menjadi bagian dari wilayah kekuasaannya. Kota ini tetap menjadi pusat pemerintahan Utsmaniyah selama berabad-abad dan mengalami perkembangan yang pesat dalam hal budaya dan ekonomi. Namun, setelah berakhirnya Perang Dunia I, Kesultanan Utsmaniyah runtuh dan Ankara menjadi ibu kota Republik Turki yang baru didirikan.

Ibu Kota Republik Turki

Pada tahun 1923, pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk, memilih Ankara sebagai ibu kota baru negara ini. Keputusan ini diambil karena Ankara terletak di tengah negara dan dianggap sebagai lokasi yang strategis. Selain itu, Ankara juga merupakan kota yang belum terlalu terpengaruh oleh kekuatan asing dan memiliki potensi untuk berkembang menjadi pusat politik dan administratif yang kuat.

Fakta Menarik tentang Kota Ankara

Pusat Pemerintahan dan Politik

Ankara adalah pusat politik dan pemerintahan Turki. Kota ini merupakan tempat kediaman presiden dan parlemen Turki. Di Ankara, terdapat banyak kantor pemerintahan, termasuk kantor pusat administrasi negara. Selain itu, kota ini juga menjadi tuan rumah bagi banyak kedutaan besar dan konsulat asing.

Pusat Budaya dan Pendidikan

Ankara memiliki banyak universitas ternama dan lembaga pendidikan tinggi. Salah satu universitas terkenal di kota ini adalah Universitas Hacettepe dan Universitas Ankara. Kota ini juga memiliki banyak museum dan galeri seni yang menampilkan berbagai koleksi seni dan artefak bersejarah.

Keindahan Arsitektur

Kota Ankara memiliki banyak bangunan bersejarah dan arsitektur yang indah. Salah satu contohnya adalah Kuil Augustus yang dibangun pada abad ke-1 Masehi dan merupakan salah satu monumen paling penting di kota ini. Ada juga Benteng Ankara yang merupakan peninggalan dari zaman Romawi dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Tempat Wisata

Ankara juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Mausoleum Atatürk, yang merupakan makam pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Atatürk. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi di Ankara. Selain itu, terdapat juga Museum Anatolia yang menampilkan berbagai artefak dan benda bersejarah dari berbagai periode sejarah.

Transportasi yang Mudah

Transportasi di Ankara cukup mudah dengan adanya jaringan transportasi yang baik. Kota ini memiliki sistem transportasi umum yang terintegrasi, termasuk kereta bawah tanah, bus, dan trem. Selain itu, Ankara juga memiliki bandara internasional yang melayani penerbangan domestik dan internasional.

Kota Multikultural

Ankara adalah kota yang multikultural dengan penduduk yang beragam. Selain penduduk asli Turki, kota ini juga menjadi tempat tinggal bagi banyak warga asing yang bekerja atau belajar di sana. Hal ini menjadikan Ankara sebagai kota yang kaya akan budaya dan adat istiadat yang beragam.

Pusat Ekonomi dan Bisnis

Ankara juga memiliki peran penting dalam bidang ekonomi dan bisnis. Kota ini merupakan pusat industri dan perdagangan yang penting di Turki. Banyak perusahaan besar yang berkantor pusat di Ankara dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi kota ini.

Iklim Kontinental

Ankara memiliki iklim kontinental dengan musim panas yang panas dan musim dingin yang dingin. Suhu di musim panas dapat mencapai 35 derajat Celsius, sementara di musim dingin suhu bisa turun di bawah 0 derajat Celsius. Hal ini membuat Ankara menjadi kota yang menarik untuk dikunjungi sepanjang tahun.

Makanan Khas

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Ankara adalah mencicipi makanan khasnya. Makanan khas Ankara mencakup hidangan seperti kebap, baklava, dan mantı (pasta yang diisi dengan daging cincang dan dimasak dengan saus tomat dan yogurt). Jadi, jangan lupa mencoba makanan lezat ini saat berada di Ankara!

Kesimpulan

Ankara adalah sebuah kota yang memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Sebagai ibu kota Turki, kota ini memiliki peran yang penting dalam politik, pemerintahan, ekonomi, dan budaya negara ini. Dengan keindahan arsitektur, tempat wisata menarik, dan kekayaan budaya yang dimilikinya, Ankara merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi dan dijelajahi. Jadi, jika Anda memiliki kesempatan, jangan ragu untuk mengunjungi kota ini dan menikmati segala keindahannya.


close