Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Dan Fakta Kota Stockholm


10 Fakta Stockholm, Kota Metropolitan Terbersih di Dunia

Sebuah Kota Bersejarah yang Unik

Kota Stockholm adalah ibu kota Swedia yang terletak di pesisir timur negara tersebut. Dikenal sebagai "Venice of the North" karena terdiri dari banyak pulau dan jembatan yang menyeberangi perairan, Stockholm adalah salah satu kota terindah di Eropa. Kota ini memiliki sejarah yang kaya dan banyak fakta menarik yang menarik untuk dijelajahi.

Sejarah Awal

Sejarah Stockholm dimulai pada abad ke-13 ketika kota ini didirikan oleh Birger Jarl, seorang bangsawan Swedia. Dia memilih lokasi tersebut karena posisinya yang strategis di antara Danau Mälaren dan Laut Baltik. Stockholm awalnya terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Gamla Stan, Riddarholmen, dan Helgeandsholmen.

Pada abad ke-14, Stockholm menjadi ibu kota Swedia dan pusat perdagangan yang penting di wilayah Baltik. Kota ini berkembang pesat selama Abad Pertengahan, dengan pembangunan istana, gereja, dan bangunan-bangunan penting lainnya yang masih berdiri hingga saat ini.

Pusat Budaya dan Ekonomi

Stockholm terus menjadi pusat budaya dan ekonomi Swedia. Kota ini memiliki banyak museum, teater, dan galeri seni yang menampilkan seni dan budaya Swedia. Salah satu museum yang terkenal di Stockholm adalah Museum Vasa, yang menampilkan kapal perang abad ke-17 yang terkenal. Selain itu, Stockholm juga memiliki banyak perusahaan teknologi dan startup yang inovatif, menjadikannya salah satu kota paling maju di dunia.

Desain Arsitektur yang Unik

Salah satu hal yang membuat Stockholm begitu menarik adalah desain arsitektur yang unik. Di pusat kota, terdapat Gamla Stan, kawasan tua yang terdiri dari jalan-jalan sempit dan bangunan berwarna-warni yang berasal dari Abad Pertengahan. Di sisi lain, daerah modern seperti Norrmalm memiliki bangunan modern yang mencolok dengan desain futuristik.

Salah satu contoh arsitektur unik di Stockholm adalah Riddarholmskyrkan, gereja abad ke-13 yang merupakan salah satu bangunan tertua di kota ini. Gereja ini dikenal dengan arsitektur Gothiknya yang indah dan makam para raja Swedia.

Fakta Menarik tentang Stockholm

1. Kota dengan Suhu Rendah

Stockholm terkenal dengan cuaca dinginnya. Suhu rata-rata di musim dingin berkisar antara -3 hingga -1 derajat Celsius. Selama musim panas, suhu rata-rata berkisar antara 20 hingga 25 derajat Celsius. Jadi, jika Anda mengunjungi Stockholm, jangan lupa membawa pakaian hangat!

2. Kota dengan Jumlah Museum Terbanyak di Dunia

Stockholm memiliki lebih dari 100 museum yang menampilkan berbagai koleksi seni dan budaya. Museum-museum terkenal di kota ini termasuk Museum Nasional Swedia, Museum Moderna, dan Museum ABBA. Ada juga museum-museum yang unik seperti Museum Nobel, yang menghormati pemenang Penghargaan Nobel, dan Museum Wasa, yang menampilkan kapal perang abad ke-17 yang terkenal.

3. Kota yang Ramah Lingkungan

Stockholm dikenal sebagai salah satu kota paling ramah lingkungan di dunia. Hampir 90% penduduknya menggunakan transportasi umum atau sepeda untuk berpergian. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak taman dan ruang terbuka yang indah, menjadikannya tempat yang ideal untuk menikmati alam.

4. Kota dengan Air yang Bersih

Air di Stockholm sangat bersih dan aman untuk diminum langsung dari keran. Kota ini memiliki sistem pengolahan air yang canggih yang memastikan kualitas air yang tinggi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang kekurangan air minum saat mengunjungi Stockholm!

5. Kota dengan Jumlah Pulau Terbanyak di Dunia

Stockholm terdiri dari lebih dari 14 pulau utama dan ribuan pulau kecil di sekitarnya. Dengan jumlah pulau terbanyak di dunia, Stockholm menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pulau-pulau ini dapat dijelajahi dengan menggunakan kapal wisata atau dengan naik perahu angkutan umum.

Kesimpulan

Stockholm adalah sebuah kota yang kaya dengan sejarah dan budaya yang menarik. Dari desain arsitektur yang unik hingga fakta menarik tentang suhu dan lingkungan, Stockholm menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para pengunjungnya. Jadi, jika Anda merencanakan perjalanan ke Eropa, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kota yang cantik ini.


close