Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat Di Perjalanan


Jual Buku Tata Cara Shalat di Perjalanan Pedoman Safar Doa Safar, Buku

Mengenal Tata Cara Sholat di Perjalanan

Pendahuluan

Sholat adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Ibadah ini memiliki peran penting dalam kehidupan seorang Muslim, karena merupakan sarana untuk berkomunikasi langsung dengan Allah SWT. Namun, dalam beberapa situasi, terkadang kita harus melakukan sholat ketika sedang dalam perjalanan. Pada kesempatan ini, kita akan membahas tata cara sholat di perjalanan.

Persiapan Sebelum Sholat

Sebelum melaksanakan sholat di perjalanan, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan kita membawa perlengkapan sholat seperti sajadah, sarung, mukena, dan alat penunjuk arah kiblat. Jika kita tidak membawa perlengkapan tersebut, kita bisa menggunakan alas yang bersih sebagai pengganti sajadah, dan menggunakan benda-benda yang dapat dijadikan sebagai penunjuk arah kiblat.

Selain itu, pastikan kita mencari tempat yang aman dan tidak mengganggu orang lain saat melaksanakan sholat. Jika sedang dalam perjalanan menggunakan kendaraan, kita dapat mencari tempat yang tenang seperti masjid, musholla, atau tempat yang terpisah dari keramaian.

Tata Cara Sholat di Perjalanan

Setelah persiapan sebelum sholat selesai, kita dapat melaksanakan sholat di perjalanan. Berikut adalah tata cara sholat di perjalanan:

1. Niat dan Takbiratul Ihram

Sebelum memulai sholat, kita harus berniat dalam hati untuk melaksanakan sholat di perjalanan. Setelah itu, kita mengucapkan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan mengucapkan “Allahu Akbar”.

2. Rukun Sholat

Setelah takbiratul ihram, kita melanjutkan dengan rukun-ruku sholat seperti biasa. Rukun sholat terdiri dari rukun qiyam (berdiri), rukun ruku (rukuk), rukun sujud (sujud), dan rukun duduk di antara dua sujud.

3. Menghadap Kiblat

Sangat penting untuk menghadap kiblat saat melaksanakan sholat. Jika kita sedang dalam perjalanan dan tidak mengetahui arah kiblat, kita dapat menggunakan kompas atau aplikasi kiblat yang ada di smartphone kita sebagai petunjuk.

4. Mengatur Sujud

Jika kita melaksanakan sholat di dalam kendaraan, kita perlu mengatur posisi sujud agar tetap nyaman. Misalnya, kita bisa menggunakan bantal atau kain sebagai alas sujud agar tidak terlalu keras saat menyentuh lantai kendaraan.

5. Mengatur Waktu Sholat

Saat sedang dalam perjalanan, kita harus memperhatikan waktu sholat yang kita lakukan. Jika kita belum sampai di tujuan dan waktu sholat telah tiba, kita dapat melaksanakan sholat dengan mengikuti waktu di tempat tersebut.

Penutup

Demikianlah tata cara sholat di perjalanan yang dapat kita lakukan. Sholat di perjalanan bukanlah halangan untuk melaksanakan ibadah ini dengan baik dan khusyuk. Dengan menjalankan tata cara sholat di perjalanan dengan benar, kita tetap dapat menjaga kualitas ibadah kita dan mendapatkan pahala yang sama seperti melaksanakan sholat di tempat lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan bagi kita semua dalam menjalankan sholat di perjalanan.


close