Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat Taubat Yang Benar


35+ Tata Cara Sholat Taubat Pictures Andromopedia

Penjelasan Singkat tentang Sholat Taubat

Sholat taubat adalah salah satu jenis sholat sunnah yang dikerjakan untuk memohon ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Sholat ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim yang merasa bersalah dan ingin bertaubat kepada Allah SWT. Sholat taubat memiliki aturan dan tata cara yang harus diikuti agar sholat tersebut sah dan diterima.

Tata Cara Sholat Taubat

1. Niat

Sebelum memulai sholat taubat, kita harus meniatkan dalam hati bahwa kita berniat untuk melaksanakan sholat taubat. Niat ini harus murni karena Allah SWT semata, bukan untuk pamer atau mencari pujian dari orang lain.

2. Wudhu

Setelah niat, langkah selanjutnya adalah melakukan wudhu dengan sempurna. Wudhu yang benar meliputi mencuci tangan hingga siku, mengusap kepala, mencuci kaki hingga mata kaki, dan membersihkan bagian tubuh lainnya sesuai dengan tuntunan agama.

3. Menyusun Saf

Setelah wudhu, kita harus menyusun barisan sholat dengan rapi dan sejajar dengan jamaah lainnya. Pastikan tidak ada celah antara satu jamaah dengan jamaah lainnya agar sholat menjadi lebih khusyuk.

4. Takbiratul Ihram

Setelah barisan sholat terbentuk, kita mulai sholat taubat dengan mengucap takbiratul ihram. Angkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan ucapkan "Allahu Akbar". Ini adalah tanda bahwa kita memulai sholat dan menjauhkan diri dari segala gangguan dunia.

5. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, bacalah doa iftitah dengan khusyuk. Doa ini merupakan doa pembuka sholat yang sangat dianjurkan untuk dibaca sebelum membaca surat Al-Fatihah.

6. Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah doa iftitah, bacalah surat Al-Fatihah dengan tajwid yang benar. Surat ini wajib dibaca dalam setiap rakaat sholat, termasuk dalam sholat taubat.

7. Rukuk dan Sujud

Setelah membaca Al-Fatihah, lakukan gerakan rukuk dengan meletakkan tangan di atas lutut dan membungkukkan badan secara sempurna. Kemudian, bangkit dari rukuk dan lakukan sujud dengan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung jari kaki di atas lantai. Lakukan gerakan rukuk dan sujud ini dengan khusyuk dan penuh penghormatan kepada Allah SWT.

8. Duduk di Antara Dua Sujud

Setelah sujud kedua, duduklah sejenak di antara dua sujud dengan posisi kaki kiri ditekuk dan kaki kanan tegak. Bacalah doa duduk di antara dua sujud dengan khusyuk dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

9. Tasyahud Akhir dan Salam

Setelah selesai rakaat terakhir, duduklah dalam posisi tasyahud akhir untuk membaca doa dan salam. Bacalah tasyahud akhir dengan tenang dan khusyuk, kemudian ucapkan salam ke kanan dan ke kiri sebagai tanda bahwa sholat telah selesai.

10. Membaca Doa Setelah Sholat

Setelah salam, sebaiknya kita membaca doa setelah sholat untuk memperkuat hati dan memohon ampunan dari Allah SWT. Doa ini dapat membantu kita memperbaiki diri dan menjaga agar kita tidak terjerumus ke dalam dosa-dosa lagi.

Itulah tata cara sholat taubat yang benar. Semoga kita semua dapat melaksanakan sholat ini dengan khusyuk dan tulus ikhlas. Sholat taubat adalah salah satu cara untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, jangan lupa untuk selalu bertaubat kepada Allah SWT setiap kali kita melakukan kesalahan agar hati kita tetap suci dan terjaga dari dosa. Semoga Allah SWT senantiasa mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin.


close