Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan Terbentuknya Provinsi Di Indonesia


Layangan Terkecil Di Dunia Ini Pilihan

Pendahuluan

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau. Dalam sejarahnya, Indonesia pernah menjadi bagian dari berbagai kerajaan dan kekaisaran, seperti Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram. Setelah era kolonialisme Belanda, Indonesia berhasil meraih kemerdekaannya pada tahun 1945. Sejak itu, negara ini terus mengalami perkembangan, termasuk dalam pembentukan provinsi-provinsi di dalamnya. Artikel ini akan membahas urutan terbentuknya provinsi di Indonesia.

1. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah adalah provinsi pertama yang terbentuk di Indonesia. Provinsi ini didirikan pada tanggal 15 Agustus 1950. Ibukotanya adalah Semarang. Sebelumnya, Jawa Tengah merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah dan Timur yang dibentuk pada tahun 1946. Namun, pada tahun 1950, provinsi ini dibagi menjadi dua, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur.

2. Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi kedua yang terbentuk di Indonesia. Provinsi ini didirikan pada tanggal 15 Agustus 1950, bersamaan dengan pembentukan Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Surabaya. Sebelumnya, Jawa Timur merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah dan Timur yang dibentuk pada tahun 1946. Namun, pada tahun 1950, provinsi ini dibagi menjadi dua, yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur.

3. Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi ketiga yang terbentuk di Indonesia. Provinsi ini didirikan pada tanggal 15 Agustus 1950. Ibukotanya adalah Medan. Sebelumnya, Sumatera Utara merupakan bagian dari Provinsi Sumatera yang dibentuk pada tahun 1948. Namun, pada tahun 1950, provinsi ini dibagi menjadi dua, yaitu Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

4. Sumatera Barat

Provinsi Sumatera Barat merupakan provinsi keempat yang terbentuk di Indonesia. Provinsi ini didirikan pada tanggal 15 Agustus 1950, bersamaan dengan pembentukan Provinsi Sumatera Utara. Ibukotanya adalah Padang. Sebelumnya, Sumatera Barat merupakan bagian dari Provinsi Sumatera yang dibentuk pada tahun 1948. Namun, pada tahun 1950, provinsi ini dibagi menjadi dua, yaitu Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

5. Jakarta

5.1. Jakarta Raya

Pada tanggal 27 Agustus 1960, Jakarta Raya menjadi provinsi ke-5 yang terbentuk di Indonesia. Jakarta Raya awalnya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat. Ibukotanya adalah Jakarta. Pada tanggal 1 Januari 1976, Jakarta Raya resmi menjadi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

5.2. Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara

Pada tanggal 22 Juli 1997, empat wilayah administratif di Jakarta yaitu Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara dimekarkan menjadi provinsi-provinsi baru. Keempat provinsi ini kemudian menjadi provinsi-provinsi terakhir yang terbentuk di Indonesia hingga saat ini.

Kesimpulan

Provinsi-provinsi di Indonesia terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan negara ini. Dalam artikel ini, kita telah membahas urutan terbentuknya provinsi di Indonesia, dimulai dari Jawa Tengah dan Jawa Timur pada tahun 1950, hingga empat provinsi di Jakarta pada tahun 1997. Perubahan ini bertujuan untuk lebih efektif dalam pemerintahan dan pembangunan daerah. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang sejarah pembentukan provinsi-provinsi di Indonesia.


close