Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Candi Lumbung Sengi


Candi Lumbung Sengi

Keindahan dan Sejarah Candi Lumbung Sengi di Tengah Kota Malang

Masyarakat Indonesia memang kaya akan warisan budaya, salah satunya adalah candi-candi peninggalan zaman dahulu. Salah satu candi yang terkenal di Indonesia adalah Candi Lumbung Sengi yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Candi ini memiliki keunikan tersendiri dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di kota tersebut.

Asal Usul Candi Lumbung Sengi

Candi Lumbung Sengi merupakan peninggalan dari Kerajaan Singasari yang dibangun pada abad ke-13 oleh Raja Kertanegara. Candi ini memiliki peran penting dalam sejarah Jawa Timur karena menjadi tempat pemujaan dewa-dewa Hindu pada masa itu. Candi Lumbung Sengi dibangun dengan gaya arsitektur Jawa Timur khas, dengan menggunakan batu bata merah sebagai bahan utama.

Candi Lumbung Sengi awalnya memiliki atap yang terbuat dari kayu, namun seiring berjalannya waktu, atap kayu tersebut mengalami kerusakan dan digantikan dengan atap yang terbuat dari batu. Hal ini menambah keunikannya, karena atap batu tersebut tidak umum ditemukan pada candi-candi lainnya di Indonesia.

Keunikan Arsitektur Candi Lumbung Sengi

Candi Lumbung Sengi memiliki arsitektur yang sangat unik. Candi ini memiliki bentuk seperti bangunan lumbung padi dengan atap yang menjulang tinggi. Hal ini menggambarkan keberadaan candi sebagai tempat penyimpanan barang berharga pada masa lalu. Candi ini juga memiliki relief-relief cantik dengan berbagai motif yang menggambarkan kehidupan pada masa Kerajaan Singasari.

Salah satu keunikan lainnya dari Candi Lumbung Sengi adalah adanya ruangan bawah tanah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan barang berharga. Ruangan ini dapat diakses melalui tangga yang berada di dalam candi. Meskipun candi ini telah berusia ratusan tahun, ruangan bawah tanah ini masih terjaga dengan baik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Keindahan Alam Sekitar Candi Lumbung Sengi

Taman Bunga dan Kolam Renang di Sekitar Candi Lumbung Sengi

Candi Lumbung Sengi tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur dan sejarah, tetapi juga keindahan alam di sekitarnya. Di sekitar candi terdapat taman bunga yang indah dengan berbagai jenis bunga yang bermekaran. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di taman ini.

Selain taman bunga, terdapat juga kolam renang yang bisa digunakan oleh pengunjung. Kolam renang ini memiliki air yang jernih dan menyegarkan setelah berkeliling di sekitar candi. Kolam renang ini juga dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar mandi dan gantungan baju, sehingga pengunjung dapat menikmati waktu yang nyaman di tempat ini.

Pemandangan Indah dari Bukit di Sekitar Candi Lumbung Sengi

Di sekitar candi terdapat juga bukit yang menawarkan pemandangan indah. Pengunjung dapat mendaki bukit ini untuk menikmati pemandangan candi dan Kota Malang dari ketinggian. Pemandangan yang disajikan sangat memukau dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mencari pengalaman berbeda.

Tak hanya itu, di bukit ini juga terdapat spot-spot foto yang menarik. Wisatawan dapat mengabadikan momen indah mereka dengan latar belakang candi dan pemandangan Kota Malang. Spot-spot foto ini juga telah dilengkapi dengan berbagai dekorasi yang menambah keindahan foto yang dihasilkan.

Wisata Edukasi di Candi Lumbung Sengi

Aktivitas Belajar Sejarah di Museum Candi Lumbung Sengi

Candi Lumbung Sengi juga menyediakan fasilitas museum yang menjadi tempat belajar sejarah bagi pengunjung. Di dalam museum, terdapat berbagai koleksi artefak dan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan candi dan Kerajaan Singasari. Pengunjung dapat mempelajari lebih dalam tentang sejarah Candi Lumbung Sengi dan peradaban pada masa lalu.

Museum ini juga dilengkapi dengan papan informasi yang menjelaskan secara detail tentang candi dan artefak yang ada di dalamnya. Hal ini memudahkan pengunjung untuk memahami lebih baik tentang sejarah dan kebudayaan yang terkait dengan Candi Lumbung Sengi.

Kegiatan Seni dan Budaya di Candi Lumbung Sengi

Di Candi Lumbung Sengi juga sering diadakan berbagai kegiatan seni dan budaya. Salah satunya adalah pertunjukan tari dan musik tradisional Jawa. Pengunjung dapat menikmati penampilan para seniman lokal yang mempersembahkan kesenian tradisional dengan latar belakang candi yang indah.

Tak hanya itu, di Candi Lumbung Sengi juga sering diadakan pameran seni dan kerajinan tangan. Pengunjung dapat melihat dan membeli berbagai produk seni dan kerajinan tangan yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar candi. Hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi wisatawan untuk membawa pulang oleh-oleh khas dari tempat ini.

Sarana dan Prasarana di Candi Lumbung Sengi

Fasilitas Umum di Candi Lumbung Sengi

Candi Lumbung Sengi telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang memudahkan pengunjung. Di dalam area candi terdapat toilet umum yang bersih dan nyaman. Selain itu, terdapat juga warung makan dan tempat istirahat bagi pengunjung yang lelah setelah berkeliling candi.

Untuk memudahkan akses, candi ini juga telah dilengkapi dengan area parkir yang luas. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat parkir untuk kendaraan mereka. Selain itu, candi ini juga mudah diakses dengan berbagai moda transportasi seperti angkutan umum dan taksi.

Petunjuk dan Panduan di Candi Lumbung Sengi

Untuk memudahkan pengunjung, di Candi Lumbung Sengi telah disediakan petunjuk dan panduan yang terletak di beberapa titik strategis. Petunjuk tersebut memberikan informasi tentang sejarah, arsitektur, dan keindahan candi. Pengunjung dapat menggunakan petunjuk ini sebagai panduan selama berkeliling di candi.

Selain itu, candi ini juga telah dilengkapi dengan papan informasi yang menjelaskan aturan dan tata tertib pengunjung. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelestarian candi dan memberikan pengalaman yang nyaman bagi pengunjung.

Dengan keindahan arsitektur, sejarah yang kaya, dan keunikan alam di sekitarnya, Candi Lumbung Sengi menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Candi ini tidak hanya menawarkan keindahan visual, tetapi juga pengalaman belajar dan apresiasi terhadap budaya dan sejarah Indonesia. Jika Anda berkunjung ke Kota Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Lumbung Sengi.


close