Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Dan Fakta Kota Lisbon


15 Tempat Wisata di Portugal Paling Terkenal Tempat Wisata di Portugal
Sejarah Singkat dan Fakta Kota Lisbon

Sejarah Lisbon

Lisbon merupakan ibu kota Portugal yang terletak di pesisir barat negara tersebut. Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, dengan peninggalan-peninggalan yang mencerminkan perpaduan antara budaya Timur dan Barat. Lisbon didirikan oleh orang Fenisia pada abad ke-12 SM dan kemudian dikuasai oleh Bangsa Romawi, Bangsa Visigoth, dan Bangsa Moor sebelum akhirnya menjadi bagian dari Kerajaan Portugal pada abad ke-12 M.

Bangunan Bersejarah

Lisbon memiliki banyak bangunan bersejarah yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satunya adalah Kastil São Jorge yang berdiri megah di atas bukit di pusat kota. Kastil ini didirikan pada abad ke-11 oleh Bangsa Moor dan kemudian direbut oleh Raja Afonso Henriques pada tahun 1147. Selain itu, Lisbon juga memiliki Menara Belem yang merupakan peninggalan dari masa kejayaan Portugal sebagai negara penjelajah pada abad ke-16. Menara ini terletak di tepi sungai Tagus dan menjadi simbol dari Kota Lisbon.

Keindahan Kota

Lisbon terkenal dengan keindahan arsitektur dan pemandangan alamnya. Kota ini memiliki jalan-jalan berbatu yang sempit dengan rumah-rumah bergaya Moorish yang berwarna-warni. Salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah Alfama, kawasan tua yang merupakan salah satu lingkungan tertua di Lisbon. Di sini, pengunjung dapat menemukan gereja-gereja tua, rumah-rumah tua yang unik, serta panorama indah dari atas bukit.

Fakta Menarik tentang Lisbon

Kereta Api Terpanjang di Dunia

Lisbon memiliki kereta api tertua dan terpanjang di dunia, yaitu Linha de Cascais. Jalur kereta ini menghubungkan Lisbon dengan Cascais dan memiliki panjang sekitar 28 kilometer. Kereta api ini merupakan salah satu cara yang populer untuk menjelajahi pantai-pantai indah di sekitar Lisbon.

Kota Tujuan Wisata

Lisbon telah menjadi tujuan wisata yang populer di Eropa. Kota ini menawarkan berbagai atraksi seperti museum-museum seni, taman-taman yang indah, serta makanan dan minuman yang lezat. Selain itu, Lisbon juga terkenal dengan festival-festivalnya seperti Festival Fado, festival musik tradisional Portugal yang diadakan setiap bulan September.

Pengaruh Timur dan Barat

Lisbon merupakan kota yang memiliki pengaruh budaya Timur dan Barat yang kuat. Hal ini terlihat dari arsitektur kota yang mencerminkan perpaduan antara gaya Moorish, Romawi, dan Gothic. Selain itu, Lisbon juga memiliki museum-museum yang menampilkan seni dan budaya dari berbagai negara seperti Museum Seni Berlian Nasional yang menampilkan koleksi permata yang indah.

Pusat Ekonomi dan Bisnis

Lisbon merupakan pusat ekonomi dan bisnis di Portugal. Kota ini memiliki banyak perusahaan multinasional dan menjadi tuan rumah konferensi dan pameran internasional. Lisbon juga memiliki akses yang baik ke pasar Eropa dan menjadi tujuan investasi yang menarik bagi banyak perusahaan.

Lokasi Strategis

Lisbon terletak di pesisir barat Portugal, menjadikannya sebagai pelabuhan alami yang penting sejak zaman kuno. Kota ini juga terletak di dekat Sungai Tagus yang memungkinkan akses ke Samudra Atlantik. Karena lokasinya yang strategis, Lisbon menjadi pusat perdagangan dan penjelajahan pada masa lalu.

Kota Kreatif

Lisbon telah diakui sebagai salah satu kota paling kreatif di Eropa. Kota ini menyediakan ruang dan dukungan bagi para seniman, desainer, dan pengusaha kreatif. Lisbon juga menjadi tuan rumah berbagai acara seni dan budaya seperti Lisbon Fashion Week dan Lisbon International Film Festival.

Transportasi yang Nyaman

Lisbon memiliki sistem transportasi yang nyaman dan efisien. Salah satu cara yang populer untuk menjelajahi kota ini adalah dengan menggunakan tram yang berwarna kuning. Tram ini melintasi jalan-jalan berbatu yang sempit di pusat kota dan menawarkan pemandangan yang indah. Selain itu, Lisbon juga memiliki sistem metro yang modern dan luas serta jaringan bus yang baik.

Iklim yang Menyenangkan

Lisbon memiliki iklim yang hangat dan menyenangkan sepanjang tahun. Musim panas di kota ini cukup panas dengan suhu mencapai 30 derajat Celsius, sementara musim dingin relatif hangat dengan suhu sekitar 15 derajat Celsius. Cuaca yang baik sepanjang tahun membuat Lisbon menjadi destinasi wisata yang populer sepanjang tahun.


close