Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Singkat Dan Fakta Kota Port Moresby


port morseby png

Port Moresby: Pintu Gerbang ke Papua Nugini

Kota Port Moresby adalah ibu kota dan kota terbesar di Papua Nugini. Terletak di pantai selatan pulau Papua Nugini, kota ini memiliki sejarah yang kaya dan menarik. Dalam artikel ini, kita akan melihat sejarah singkat dan fakta menarik tentang Kota Port Moresby.

Sejarah Awal

Sejarah Kota Port Moresby dapat ditelusuri kembali ke abad ke-19 ketika kolonialisasi Eropa pertama kali mencapai wilayah ini. Pada tahun 1873, Kapten John Moresby, seorang penjelajah Inggris, menemukan pelabuhan alami yang kemudian diberi namanya. Pelabuhan ini menjadi titik awal bagi penjelajahan Eropa lebih lanjut di wilayah ini.

Pada awalnya, Port Moresby hanya merupakan sebuah desa kecil dengan populasi yang terdiri dari suku Motu. Namun, dengan kedatangan para penjajah dan penjelajah baru, populasi kota ini mulai berkembang pesat.

Perkembangan Sebagai Ibu Kota

Pada tahun 1884, Papua Nugini menjadi bagian dari Imperium Britania dan Port Moresby menjadi ibu kota teritorinya. Kota ini mengalami perkembangan yang signifikan selama masa pemerintahan kolonial. Infrastruktur modern seperti jalan, pelabuhan, dan bangunan pemerintahan mulai dibangun.

Selama Perang Dunia II, Port Moresby menjadi pangkalan penting bagi pasukan Sekutu dalam pertempuran melawan Jepang di wilayah Pasifik Selatan. Kota ini menjadi saksi dari pertempuran sengit dan strategis yang terjadi di wilayah ini.

Setelah perang, Papua Nugini menjadi wilayah administrasi Australia dan Port Moresby tetap menjadi ibu kotanya. Pada tahun 1975, Papua Nugini meraih kemerdekaannya dan Port Moresby tetap menjadi ibu kota negara merdeka baru ini.

Fakta Menarik mengenai Kota Port Moresby

1. Bahasa resmi yang digunakan di Port Moresby adalah Bahasa Inggris, tetapi Bahasa Tok Pisin juga banyak digunakan oleh penduduk setempat. Bahasa Tok Pisin merupakan bahasa kreol yang merupakan campuran dari Bahasa Inggris, Bahasa Melanesia, dan Bahasa Melayu.

2. Port Moresby adalah salah satu kota terpadat di Pasifik Selatan dengan populasi sekitar 400.000 jiwa. Kota ini terdiri dari berbagai kelompok etnis, termasuk suku Motu, suku Papua, dan pendatang dari berbagai suku di Papua Nugini.

3. Kota ini memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata sepanjang tahun sekitar 25-30 derajat Celsius. Musim hujan biasanya terjadi antara Desember hingga Maret.

4. Port Moresby menjadi tuan rumah untuk acara olahraga internasional seperti Pesta Olahraga Persemakmuran pada tahun 2015 dan Piala Dunia Rugby pada tahun 2017. Kota ini memiliki fasilitas olahraga yang baik dan menjadi tujuan populer bagi para atlet internasional.

5. Salah satu atraksi terkenal di Port Moresby adalah Taman Nasional Varirata yang terletak di pegunungan di sekitar kota. Taman ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan beragam kehidupan satwa.

6. Port Moresby memiliki masalah keamanan yang signifikan. Wisatawan disarankan untuk berhati-hati dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat saat berkunjung ke kota ini. Penting untuk memperhatikan panduan perjalanan resmi dan menghindari daerah-daerah yang dianggap berisiko tinggi.

7. Kota ini juga memiliki berbagai museum dan galeri seni yang menampilkan warisan budaya dan sejarah Papua Nugini. Museum Nasional dan Galeri Seni Papua Nugini adalah salah satu yang paling terkenal.

8. Transportasi umum di Port Moresby terbatas. Meskipun ada bus kota dan taksi, sebagian besar penduduk menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum berbasis truk yang disebut "PMVs" (Public Motor Vehicles).

9. Ekonomi kota ini didominasi oleh sektor jasa dan pemerintahan. Industri pariwisata dan pertambangan juga berperan penting dalam ekonomi kota ini.

10. Port Moresby adalah titik awal yang populer untuk menjelajahi keindahan alam Papua Nugini, termasuk Taman Nasional Koki, Pulau Loloata, dan Sungai Sepik. Kota ini menawarkan akses mudah ke tempat-tempat wisata populer di negara ini.

Demikianlah sejarah singkat dan fakta menarik tentang Kota Port Moresby. Kota ini memiliki kekayaan budaya dan warisan sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi kota ini? Berbagi pengalaman Anda di komentar di bawah ini!


close