Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Adiwiyata?

Apa Itu Sekolah Adiwiyata Mandiri Jawa IMAGESEE

Adiwiyata merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Indonesia. Program ini bertujuan untuk mendorong sekolah-sekolah di Indonesia agar lebih peduli dan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Mengapa Program Adiwiyata Penting?

Program Adiwiyata penting karena memiliki beberapa manfaat yang sangat berarti, antara lain:

1. Menciptakan Kesadaran Lingkungan

Program Adiwiyata membantu menciptakan kesadaran lingkungan di kalangan siswa dan guru. Melalui program ini, siswa diajarkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi sampah, dan menghemat energi.

2. Menanamkan Sikap Peduli terhadap Lingkungan

Program Adiwiyata juga bertujuan untuk menanamkan sikap peduli terhadap lingkungan di kalangan siswa. Dengan mengajarkan nilai-nilai kepedulian terhadap alam sejak dini, diharapkan siswa akan tumbuh menjadi individu yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

3. Membangun Lingkungan Sekolah yang Sehat

Program Adiwiyata juga berfokus pada pembangunan lingkungan sekolah yang sehat. Hal ini meliputi penanaman tanaman hijau, pengolahan sampah yang baik, dan penggunaan sumber daya alam secara bijak.

Bagaimana Cara Mendapatkan Penghargaan Adiwiyata?

Untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata, sekolah harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

1. Melakukan Pengelolaan Lingkungan yang Baik

Sekolah harus memiliki program pengelolaan lingkungan yang baik, seperti pengelolaan sampah, penghematan energi, dan penghijauan.

2. Melakukan Pendidikan Lingkungan

Sekolah harus memberikan pendidikan lingkungan kepada siswa, baik melalui kegiatan di dalam maupun di luar kelas.

3. Melakukan Kerjasama dengan Pihak Eksternal

Sekolah juga harus melakukan kerjasama dengan pihak eksternal, seperti instansi pemerintah dan masyarakat setempat, untuk mengoptimalkan program Adiwiyata.

Apa Saja Manfaat Menjadi Sekolah Adiwiyata?

Menjadi sekolah Adiwiyata memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Program Adiwiyata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dengan adanya pendidikan lingkungan yang terintegrasi dalam kurikulum, siswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih nyata dan bermanfaat.

2. Menciptakan Siswa yang Berbudaya Lingkungan

Program Adiwiyata juga dapat menciptakan siswa yang berbudaya lingkungan. Mereka akan terbiasa hidup sehat, menghargai alam, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.

3. Meningkatkan Citra Sekolah

Menjadi sekolah Adiwiyata juga dapat meningkatkan citra sekolah di mata masyarakat. Sekolah yang peduli terhadap lingkungan akan mendapatkan apresiasi dan dukungan dari masyarakat sekitar.

Dengan demikian, Adiwiyata merupakan program yang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan di kalangan siswa dan guru. Program ini juga memberikan manfaat yang signifikan bagi sekolah dalam hal kualitas pembelajaran, budaya lingkungan, dan citra sekolah. Oleh karena itu, penting bagi setiap sekolah untuk aktif dalam menjalankan program Adiwiyata.

close