Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adiwiyata Nasional 2018: Membangun Kesadaran Lingkungan Sejak Dini

SEKOLAH DI KABUPATEN CILACAP MERAIH PENGHARGAAN SEKOLAH ADIWIYATA

Pengenalan Adiwiyata Nasional

Adiwiyata Nasional merupakan program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membangun kesadaran lingkungan sejak dini di kalangan pelajar. Program ini pertama kali dicanangkan pada tahun 2006 dan terus berkembang hingga saat ini. Adiwiyata Nasional bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup dan upaya pelestarian lingkungan dalam kegiatan sekolah sehari-hari.

Pentingnya Adiwiyata Nasional

Adiwiyata Nasional memiliki peran penting dalam meningkatkan kesadaran lingkungan di kalangan pelajar. Dengan adanya program ini, pelajar diajak untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan menjadi agen perubahan dalam pelestarian alam. Program ini juga memberikan kesempatan bagi sekolah untuk mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas komitmen mereka dalam melestarikan lingkungan.

Kriteria Adiwiyata Nasional

Untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional, sekolah harus memenuhi sejumlah kriteria yang telah ditetapkan. Beberapa kriteria tersebut antara lain:

1. Pengelolaan Lingkungan

Sekolah harus memiliki kebijakan pengelolaan lingkungan yang jelas dan terimplementasi dengan baik. Hal ini mencakup pengelolaan air, energi, limbah, serta penghijauan dan pemeliharaan taman sekolah.

2. Pendidikan Lingkungan

Sekolah harus mengintegrasikan pendidikan lingkungan dalam kurikulum dan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, sekolah juga harus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya pelestarian lingkungan.

3. Partisipasi Siswa

Siswa harus aktif terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan di sekolah. Mereka juga harus memiliki kesadaran dan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitar.

4. Kesehatan dan Kebersihan

Sekolah harus menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan siswa. Hal ini mencakup pengelolaan sanitasi, kebersihan ruang kelas, serta pengendalian hama dan penyakit.

Adiwiyata Nasional 2018

Pada tahun 2018, program Adiwiyata Nasional terus berjalan dengan semangat yang tinggi. Banyak sekolah di seluruh Indonesia yang aktif mengikutsertakan diri dalam program ini. Mereka mengimplementasikan kebijakan pengelolaan lingkungan yang lebih baik, meningkatkan pendidikan lingkungan, melibatkan siswa dalam kegiatan pelestarian lingkungan, serta menjaga kesehatan dan kebersihan.

Manfaat Adiwiyata Nasional

Program Adiwiyata Nasional memberikan manfaat yang besar bagi sekolah dan siswa. Manfaat tersebut antara lain:

1. Peningkatan Kesadaran Lingkungan

Melalui program ini, siswa menjadi lebih peduli terhadap lingkungan sekitar dan memahami pentingnya pelestarian alam.

2. Penghargaan dan Pengakuan

Sekolah yang berhasil memenuhi kriteria Adiwiyata Nasional akan mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas komitmen mereka dalam pelestarian lingkungan.

3. Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan

Program Adiwiyata Nasional melibatkan siswa dalam kegiatan pelestarian lingkungan yang aktif dan menyenangkan. Hal ini membuat pembelajaran menjadi lebih berkesan.

4. Membentuk Karakter

Program ini juga membantu membentuk karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan dan memiliki sikap bertanggung jawab.

Masa Depan Adiwiyata Nasional

Adiwiyata Nasional terus berupaya untuk berkembang dan melibatkan lebih banyak sekolah di seluruh Indonesia. Program ini diharapkan dapat menjadi gerakan nasional dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan pelestarian alam di kalangan pelajar. Dengan adanya Adiwiyata Nasional, diharapkan generasi muda Indonesia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan menjadi agen perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

close