Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Musik Tradisional Riau

10 Alat Musik Tradisonal Riau dengan Karakter Suara Unik
Alat Musik Tradisional Riau

Pengenalan

Alat musik tradisional Riau merupakan warisan budaya yang kaya dan unik. Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam jenis alat musik tradisional yang digunakan dalam berbagai kegiatan budaya.

Gendang Melayu

Salah satu alat musik tradisional yang terkenal di Riau adalah gendang Melayu. Gendang Melayu digunakan dalam berbagai jenis tarian dan pertunjukan musik tradisional. Alat musik ini terdiri dari dua jenis, yaitu gendang besar dan gendang kecil yang dimainkan dengan menggunakan tangan.

Saluang

Saluang adalah alat musik tiup tradisional Riau yang terbuat dari bambu. Alat musik ini memiliki suara yang merdu dan sering digunakan dalam pertunjukan musik tradisional Melayu. Saluang dimainkan dengan cara meniup ujungnya dan menghasilkan bunyi yang indah.

Sarunai

Sarunai adalah alat musik tiup tradisional Riau yang terbuat dari kulit kerbau. Alat musik ini memiliki bentuk panjang dan dilengkapi dengan lubang-lubang untuk menghasilkan suara. Sarunai biasanya dimainkan dalam pertunjukan musik tradisional Melayu.

Rebab Pesisir

Rebab pesisir adalah alat musik gesek tradisional Riau yang terbuat dari kayu dan dawai. Alat musik ini memiliki bentuk seperti biola dan dimainkan dengan cara digesek. Rebab pesisir sering digunakan dalam pertunjukan musik tradisional Melayu.

Kulcapi

Kulcapi adalah alat musik petik tradisional Riau yang terbuat dari kayu dan dawai. Alat musik ini memiliki bentuk seperti gitar dan dimainkan dengan cara dipetik. Kulcapi biasanya digunakan dalam pertunjukan musik tradisional Melayu.

Talempong

Talempong adalah alat musik tradisional Riau yang terbuat dari logam. Alat musik ini terdiri dari beberapa buah gong yang diletakkan pada bingkai kayu. Talempong dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat atau pemukul khusus.

Suling

Suling adalah alat musik tiup tradisional Riau yang terbuat dari bambu. Alat musik ini memiliki lubang-lubang yang digunakan untuk menghasilkan suara. Suling sering dimainkan dalam pertunjukan musik tradisional Riau.

Hadrah

Hadrah adalah alat musik tradisional Riau yang terdiri dari beberapa jenis perkusi. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Hadrah sering digunakan dalam pertunjukan musik tradisional Melayu dan upacara adat.

Tamborin

Tamborin adalah alat musik tradisional Riau yang terbuat dari bahan kulit dan kayu. Alat musik ini memiliki bentuk seperti drum kecil dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Tamborin sering digunakan dalam pertunjukan musik tradisional Melayu.

close