Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Agentif Menurut Kbbi


Pengertian Agentif

Agentif adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu "agentive". Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), agentif adalah kata yang memiliki sifat sebagai agen atau pelaku. Kata ini biasanya digunakan untuk menyatakan bahwa suatu kata dapat berfungsi sebagai agen atau pelaku dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Agentif dalam Kalimat

Untuk lebih memahami penggunaan agentif dalam kalimat, berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata agentif:

1. "Buku ini ditulis oleh penulis ternama." (Dalam kalimat ini, kata "penulis" berfungsi sebagai agentif karena menjadi pelaku dalam menulis buku tersebut.)

2. "Mobil itu diberi warna baru oleh tukang cat." (Dalam kalimat ini, kata "tukang cat" berfungsi sebagai agentif karena menjadi pelaku dalam memberi warna baru pada mobil tersebut.)

3. "Kucing itu dimandikan oleh pemiliknya." (Dalam kalimat ini, kata "pemilik" berfungsi sebagai agentif karena menjadi pelaku dalam memandikan kucing tersebut.)

Antonim Agentif

Antonim atau lawan kata dari agentif adalah kata "nonagentif". Kata ini digunakan untuk menyatakan bahwa suatu kata tidak memiliki sifat sebagai agen atau pelaku dalam kalimat.

Sinonim Agentif

Sinonim atau kata-kata yang memiliki makna yang sama dengan agentif adalah "agental" dan "agensial". Kata-kata ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu kata memiliki sifat sebagai agen atau pelaku dalam kalimat.


close