Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Konstitusi Secara Sempit

PPT 1.Asal Usul & Istilah 2.Arti Konstitusi a> Dalam Arti Sempit

Konstitusi merupakan sebuah peraturan atau hukum dasar yang mengatur tentang tata cara pemerintahan suatu negara. Konstitusi ini sendiri terdiri dari berbagai pasal dan ketentuan yang harus diikuti oleh semua warga negara. Namun, dalam pembahasannya, ada dua pengertian yang sering digunakan yaitu konstitusi secara sempit dan konstitusi secara luas.

Konstitusi Secara Sempit

Konstitusi secara sempit merujuk pada pengertian konstitusi yang hanya terbatas pada teks dan tulisan yang ada di dalamnya. Artinya, konstitusi hanya dianggap sebagai sebuah dokumen yang berisi aturan-aturan tertentu. Dalam konteks ini, konstitusi dianggap sebagai hukum tertulis yang harus diikuti oleh semua warga negara.

Dalam konstitusi secara sempit, tidak ada ruang untuk penafsiran yang luas terhadap teks konstitusi. Semua pasal dan ketentuan yang terdapat dalam konstitusi harus dijalankan sesuai dengan apa yang tertulis. Interpretasi hanya dibatasi pada teks yang ada dan tidak boleh melebihi atau mengubah apa yang telah ditetapkan dalam konstitusi.

Sebagai contoh, dalam konstitusi secara sempit, jika ada pasal yang menyebutkan bahwa presiden hanya boleh menjabat selama dua periode, maka presiden tidak dapat menjabat lebih dari dua periode. Tidak ada ruang untuk penafsiran bahwa presiden dapat menjabat lebih lama karena alasan tertentu.

Perbedaan dengan Konstitusi Secara Luas

Perbedaan utama antara konstitusi secara sempit dan konstitusi secara luas terletak pada ruang lingkup interpretasi. Konstitusi secara luas memberikan ruang yang lebih luas untuk penafsiran dan pengembangan konstitusi. Interpretasi dalam konstitusi secara luas dapat melibatkan aspek sosial, politik, dan ekonomi yang tidak secara langsung tertulis dalam teks konstitusi.

Dalam konstitusi secara luas, penafsiran dapat dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Misalnya, jika konstitusi secara luas memuat hak-hak asasi manusia, maka dalam penafsirannya dapat mengakomodasi kepentingan dan perlindungan hak-hak individu yang tidak secara spesifik tertulis dalam konstitusi.

Adanya konstitusi secara luas ini memberikan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan zaman dan tantangan yang dihadapi oleh suatu negara. Namun, dalam beberapa kasus, konstitusi secara luas juga dapat menimbulkan perdebatan dan ketidakpastian hukum karena ruang interpretasinya yang lebih luas.

Kesimpulan

Arti konstitusi secara sempit adalah pengertian konstitusi yang hanya terbatas pada teks dan tulisan yang ada di dalamnya. Konstitusi secara sempit membatasi interpretasi hanya pada apa yang tertulis dalam konstitusi dan tidak memberikan ruang luas untuk penafsiran. Perbedaan dengan konstitusi secara luas terletak pada ruang lingkup interpretasi yang lebih luas dalam konstitusi secara luas untuk mengakomodasi perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat.

close