Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Sekolah Adiwiyata

Dua Sekolah Sukses Sebagai Adiwiyata Nasional, Target Berikutnya

Sekolah Adiwiyata merupakan program penghargaan yang ditujukan untuk sekolah-sekolah di Indonesia yang berkomitmen dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan. Program ini bertujuan untuk mengembangkan budaya serta kesadaran lingkungan hidup di kalangan siswa dan guru di sekolah.

Pentingnya Program Sekolah Adiwiyata

Program Sekolah Adiwiyata memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup. Dengan mengikutsertakan sekolah-sekolah dalam program ini, diharapkan akan tercipta generasi yang peduli terhadap lingkungan sejak dini.

Tujuan Program Sekolah Adiwiyata

Tujuan utama dari program Sekolah Adiwiyata adalah menciptakan lingkungan sekolah yang peduli terhadap lingkungan dan berkelanjutan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mendorong partisipasi seluruh warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan serta pengelolaan sumber daya alam yang baik.

Kriteria Sekolah Adiwiyata

Untuk mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata, sekolah harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu. Beberapa kriteria tersebut antara lain:

  1. Pengelolaan lingkungan yang baik, seperti penggunaan energi dan air yang efisien serta pengelolaan limbah yang ramah lingkungan.
  2. Pengembangan kurikulum yang berorientasi pada lingkungan serta melibatkan siswa dalam kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan.
  3. Pengembangan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan, seperti adanya taman sekolah, tempat pembuangan sampah yang terpisah, dan penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan.
  4. Pemberdayaan warga sekolah dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan.

Manfaat Program Sekolah Adiwiyata

Program Sekolah Adiwiyata memberikan banyak manfaat bagi sekolah, siswa, dan lingkungan sekitar. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya pelestarian lingkungan.
  • Mendorong partisipasi aktif siswa dalam upaya pelestarian lingkungan.
  • Menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan nyaman bagi siswa.
  • Menjadi contoh bagi sekolah lain dalam melaksanakan upaya pelestarian lingkungan.
  • Mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan melalui penggunaan sumber daya alam yang lebih efisien.

Langkah-langkah Implementasi Program Sekolah Adiwiyata

Untuk mengimplementasikan program Sekolah Adiwiyata, sekolah dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Membentuk tim Adiwiyata di sekolah yang bertanggung jawab dalam pengembangan program ini.
  2. Melakukan evaluasi terhadap kondisi lingkungan sekolah dan mengidentifikasi potensi perbaikan yang dapat dilakukan.
  3. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada lingkungan, seperti mengadakan pelatihan dan kegiatan praktik di lapangan.
  4. Melibatkan siswa dan guru dalam kegiatan pengelolaan lingkungan sekolah, seperti mengadakan kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai atau penghijauan.
  5. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi program Sekolah Adiwiyata secara berkala.

Kesimpulan

Sekolah Adiwiyata memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan kesadaran dan budaya lingkungan hidup di kalangan siswa dan guru di sekolah. Melalui program ini, diharapkan tercipta generasi yang peduli terhadap lingkungan serta mampu melakukan upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

close