Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholat Dari Awal Sampai Akhir

️ Tata Cara Sholat Subuh Dari Awal Sampai Akhir

Pengantar

Semua umat muslim di seluruh dunia wajib menjalankan ibadah sholat lima waktu sehari semalam. Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang sangat penting dan menjadi kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh. Dalam menjalankan sholat, terdapat beberapa bacaan yang harus diucapkan dari awal hingga akhir sholat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bacaan sholat dari awal sampai akhir.

Bacaan Takbiratul Ihram

Setelah melakukan persiapan wudhu, sholat dimulai dengan bacaan takbiratul ihram. Takbiratul ihram adalah bacaan "Allahu Akbar" yang menjadi tanda masuknya dalam ibadah sholat. Bacaan ini diucapkan saat berdiri dengan tegak di tempat yang telah ditentukan.

Bacaan Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, langkah selanjutnya adalah membaca surat Al-Fatihah. Surat Al-Fatihah adalah surat pembuka dalam Al-Qur'an yang menjadi salah satu rukun dalam sholat. Bacaan ini diucapkan setelah takbiratul ihram dan sebelum membaca surat lainnya dalam rakaat pertama sholat.

Bacaan Surat Al-Qur'an

Setelah membaca Al-Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Qur'an lainnya. Pada rakaat pertama, biasanya dibaca surat yang lebih panjang, seperti Surat Al-Baqarah atau Surat Ali Imran. Sedangkan pada rakaat kedua, biasanya dibaca surat yang lebih pendek, seperti Surat An-Nas atau Surat Al-Ikhlas.

Bacaan Rukuk

Setelah selesai membaca surat Al-Qur'an, dilanjutkan dengan bacaan rukuk. Rukuk adalah gerakan membungkukkan badan dengan tangan menjulurkan sampai pada paha. Pada saat rukuk, bacaan yang diucapkan adalah "Subhanallah Rabbiyal 'Azim" yang artinya "Maha Suci Allah Tuhanku Yang Maha Agung".

Bacaan I'tidal

Setelah rukuk, dilanjutkan dengan bacaan i'tidal. I'tidal adalah gerakan berdiri kembali setelah rukuk. Pada saat i'tidal, bacaan yang diucapkan adalah "Sami'Allahu Liman Hamidah" yang artinya "Allah mendengar orang yang memuji-Nya". Kemudian dilanjutkan dengan bacaan "Rabbana wa lakal hamd" yang artinya "Ya Tuhan kami, bagi-Mu segala puji".

Bacaan Sujud

Setelah i'tidal, dilanjutkan dengan bacaan sujud. Sujud adalah gerakan meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di atas lantai. Pada saat sujud, bacaan yang diucapkan adalah "Subhanallah Rabbiyal A'la" yang artinya "Maha Suci Allah Tuhanku Yang Maha Tinggi". Bacaan ini diucapkan sebanyak dua kali saat sujud.

Bacaan Tasyahud

Setelah selesai sujud, dilanjutkan dengan bacaan tasyahud. Tasyahud adalah gerakan duduk di antara dua sujud. Pada saat tasyahud, bacaan yang diucapkan adalah "At-Tahiyyatu lillahi was shalawatu wattayyibat. Assalamu 'alaika ayyuhan Nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Assalamu 'alaina wa 'ala 'ibadillahish shalihin" yang artinya "Segala ucapan, ibadah, dan kebaikan hanya untuk Allah. Salam sejahtera atasmu, wahai Nabi, dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya. Salam sejahtera juga atas kami dan atas semua hamba-hamba Allah yang shalih."

Bacaan Salam

Setelah tasyahud, dilanjutkan dengan bacaan salam. Salam adalah gerakan mengucapkan salam di akhir sholat. Pada saat salam, bacaan yang diucapkan adalah "Assalamu 'alaikum wa rahmatullah" yang artinya "Semoga keselamatan dan rahmat Allah tercurah kepada kalian". Bacaan salam ini diucapkan dua kali dengan menggerakkan kepala ke kanan dan ke kiri.

Penutup

Itulah bacaan sholat dari awal sampai akhir yang harus diucapkan dalam setiap tahapan sholat. Dengan mengerti dan mengikuti bacaan sholat dengan baik, kita dapat menjalankan ibadah sholat dengan benar dan khusyuk. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam memperbaiki kualitas ibadah sholat kita.

close