Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bajigur Singkatan Dari Apa?

Bajigur Resep Recipe Drink syrups, Indonesian desserts, Iced drinks

Bajigur adalah minuman tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa manis dan hangatnya. Minuman ini biasanya terbuat dari campuran gula aren, jahe, santan, kelapa parut, dan rempah-rempah lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa kata "bajigur" sebenarnya adalah singkatan dari sebuah frase yang memiliki makna tersendiri?

Bajigur Singkatan dari "Banyak Jika Gurih"

Pada awalnya, bajigur adalah singkatan dari frase "Banyak Jika Gurih". Frase ini menggambarkan rasa dan aroma khas yang dihasilkan oleh minuman bajigur. Kata "banyak" menunjukkan bahwa minuman ini memiliki banyak bahan tambahan seperti gula aren, jahe, santan, dan rempah-rempah.

Jika Anda pernah mencicipi bajigur, pasti Anda akan merasakan sensasi kenikmatan yang berbeda dari minuman ini. Rasa gurih yang dihasilkan oleh campuran bahan-bahan tersebut memberikan kepuasan tersendiri bagi lidah Anda.

Kisah Asal Usul Bajigur

Asal usul bajigur sendiri belum dapat dipastikan secara pasti. Namun, banyak yang percaya bahwa minuman ini berasal dari daerah Sunda, Jawa Barat. Di daerah tersebut, bajigur menjadi minuman yang populer dan sering disajikan dalam berbagai acara adat dan tradisi.

Seiring dengan waktu, bajigur mulai dikenal di seluruh Indonesia dan menjadi salah satu minuman tradisional yang dijadikan sebagai warisan budaya. Hingga saat ini, bajigur dapat ditemui di berbagai daerah di Indonesia dengan variasi resep dan bahan tambahan yang berbeda-beda.

Cara Membuat Bajigur

Jika Anda penasaran ingin mencoba membuat bajigur sendiri di rumah, berikut adalah resep sederhana yang dapat Anda coba:

1. Siapkan bahan-bahan seperti gula aren, jahe, santan, kelapa parut, dan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan vanili.

2. Rebus air secukupnya dalam panci hingga mendidih.

3. Masukkan jahe, kayu manis, cengkeh, dan vanili ke dalam air rebusan. Biarkan mendidih selama beberapa menit agar rempah-rempah memberikan aroma yang khas.

4. Setelah itu, masukkan gula aren ke dalam panci dan aduk hingga gula larut.

5. Tambahkan santan dan kelapa parut ke dalam panci. Aduk merata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

6. Masak bajigur dengan api kecil hingga mendidih dan mengental.

7. Sajikan dalam gelas atau cangkir, dan tambahkan topping sesuai selera seperti kacang tanah atau biji selasih.

Menikmati Bajigur sebagai Penyemangat

Bajigur tidak hanya enak disajikan pada saat cuaca dingin atau hujan, tetapi juga dapat menjadi minuman penyemangat di pagi hari atau saat merasa lelah. Rasa manis dan hangatnya dapat memberikan energi tambahan untuk menghadapi aktivitas sehari-hari.

Selain itu, bajigur juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menyajikan minuman yang berbeda saat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Anda dapat menyesuaikan rasa dan bahan tambahan sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Mencoba Bajigur, Rasakan Kelezatannya!

Jika Anda belum pernah mencoba bajigur, segeralah mencarinya di warung atau kedai minuman tradisional terdekat. Rasakan kelezatan dan sensasi hangatnya yang dapat memanjakan lidah Anda.

Ingatlah bahwa bajigur bukan hanya minuman biasa, tetapi juga memiliki makna tersendiri dalam budaya Indonesia. Rasakan keunikan dan keindahannya, serta nikmati setiap tegukan yang menghangatkan tubuh dan hati Anda.

close