Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benteng Terluas Di Dunia

Benteng Terluas Di Dunia ANTARA Foto

Benteng atau kastil adalah bangunan yang biasanya digunakan sebagai pertahanan pada zaman dahulu. Di dunia ini terdapat banyak benteng yang memiliki sejarah dan keunikannya masing-masing. Salah satu benteng terluas di dunia yang patut dikunjungi adalah Benteng Malbork.

Benteng Malbork

Benteng Malbork terletak di kota Malbork, Polandia. Benteng ini dibangun oleh Ordo Teutonik pada abad ke-13 dan merupakan salah satu benteng terbesar di dunia. Selain itu, Benteng Malbork juga tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1997.

Sejarah Benteng Malbork

Benteng Malbork awalnya dibangun sebagai benteng kayu pada tahun 1274 oleh Ordo Teutonik. Kemudian, pada tahun 1280, benteng kayu tersebut dihancurkan dan digantikan dengan benteng bata yang lebih kokoh. Selama berabad-abad, benteng ini menjadi pusat kekuasaan Ordo Teutonik di wilayah Baltik.

Pada tahun 1457, benteng ini jatuh ke tangan Polandia dan digunakan sebagai pusat administrasi. Namun, pada abad ke-18, Benteng Malbork mengalami kerusakan yang cukup parah akibat Perang Nordik Ketiga. Barulah pada tahun 1882, benteng ini mulai direstorasi dan kembali menjadi salah satu destinasi wisata yang populer.

Arsitektur dan Luas Benteng Malbork

Benteng Malbork memiliki luas sekitar 143 ribu meter persegi, menjadikannya benteng terluas di dunia. Bangunan ini memiliki tiga kastil utama yang terhubung oleh dinding dan tembok pertahanan. Selain itu, benteng ini juga dilengkapi dengan banyak menara, kapel, dan ruangan-ruangan bersejarah lainnya.

Arsitektur Benteng Malbork adalah contoh yang indah dari gaya Gotik Eropa Utara. Dinding-dindingnya yang tinggi, jendela-jendela lancip, dan ornamen-ornamen yang rumit memberikan kesan megah dan anggun. Seluruh kompleks benteng ini merupakan kombinasi sempurna antara keindahan arsitektur dan kekuatan pertahanan.

Wisata di Benteng Malbork

Saat ini, Benteng Malbork menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Polandia. Pengunjung dapat menjelajahi berbagai ruangan dan koridor di dalam benteng, termasuk ruangan pemerintahan, ruang makan, dan galeri seni. Ada juga museum di dalam benteng yang menampilkan koleksi senjata, pakaian, dan artefak sejarah lainnya.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan-pertunjukan menarik seperti Turnamen Ksatria, rekonstruksi pertempuran, dan pertunjukan seni lainnya. Selain itu, terdapat juga toko suvenir dan restoran di dalam kompleks benteng untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Kesimpulan

Benteng Malbork adalah salah satu benteng terluas di dunia yang memiliki sejarah dan arsitektur yang menakjubkan. Mengunjungi benteng ini akan memberikan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjung. Jadi, jika Anda memiliki kesempatan, jangan lewatkan untuk mengunjungi Benteng Malbork di Polandia.

close