Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bilangan Bulat Negatif

Menentukan Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif Menggunakan Garis Riset

Apa itu Bilangan Bulat Negatif?

Bilangan bulat negatif adalah jenis bilangan dalam matematika yang memiliki nilai lebih kecil dari nol. Bilangan bulat negatif terdiri dari bilangan negatif dan nol. Bilangan negatif dinyatakan dengan tanda minus (-) yang diletakkan sebelum angka.

Contoh Bilangan Bulat Negatif

Contoh bilangan bulat negatif adalah -5, -10, -25, -100, dan sebagainya. Semua angka dengan tanda minus di depannya termasuk dalam kategori bilangan bulat negatif.

Penyebutan Bilangan Bulat Negatif

Bilangan bulat negatif dapat disebut dalam bahasa Indonesia dengan berbagai cara, antara lain bilangan negatif, bilangan bulat negatif, atau bilangan minus. Semua istilah tersebut merujuk pada jenis bilangan yang sama.

Penggunaan Bilangan Bulat Negatif

Bilangan bulat negatif digunakan dalam berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam matematika. Contoh penggunaan bilangan bulat negatif adalah dalam perhitungan hutang, suhu di bawah nol, posisi di sebelah kiri nol pada garis bilangan, dan lain sebagainya.

Operasi dengan Bilangan Bulat Negatif

Operasi dengan bilangan bulat negatif memiliki aturan-aturan tersendiri. Berikut adalah beberapa aturan operasi dengan bilangan bulat negatif:

Penjumlahan dan Pengurangan

Jika dua bilangan bulat negatif dijumlahkan atau dikurangkan, maka hasilnya akan semakin mendekati nol. Misalnya, -5 + (-3) = -8 dan -10 - (-5) = -5.

Perkalian dan Pembagian

Jika dua bilangan bulat negatif dikalikan atau dibagi, maka hasilnya akan positif. Misalnya, -4 x (-2) = 8 dan -16 ÷ (-4) = 4.

Pangkat dan Akar

Jika bilangan bulat negatif dipangkatkan dengan bilangan genap, maka hasilnya akan positif. Misalnya, (-3)² = 9. Namun, jika bilangan bulat negatif dipangkatkan dengan bilangan ganjil, maka hasilnya akan negatif. Misalnya, (-3)³ = -27.

Kesimpulan

Bilangan bulat negatif adalah jenis bilangan yang memiliki nilai lebih kecil dari nol. Bilangan negatif dinyatakan dengan tanda minus (-) di depan angka. Bilangan bulat negatif digunakan dalam berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam matematika. Operasi dengan bilangan bulat negatif memiliki aturan-aturan tersendiri, seperti pada penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, dan akar.

close