Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Alat Peraga Rotasi Bumi

Kelas PGSD D 2015 FKIP Unmul Membuat Alat Peraga Rotasi Bumi dari

Pendahuluan

Apakah Anda ingin membuat alat peraga rotasi bumi untuk keperluan pendidikan atau mungkin hanya untuk kepentingan pribadi? Alat peraga ini dapat membantu memvisualisasikan rotasi Bumi secara lebih nyata. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk membuat alat peraga rotasi Bumi yang sederhana namun efektif.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki bahan-bahan berikut:

  • Papan kayu setebal 1 cm
  • Bola Styrofoam berukuran sedang
  • Tusuk gigi
  • Paku
  • Pensil
  • Cat akrilik (warna biru dan hijau)
  • Penggaris
  • Pensil warna putih
  • Gunting
  • Lem kayu

Langkah-langkah

1. Mempersiapkan Papan Kayu

Pertama, ambil papan kayu dan gunting menjadi bentuk lingkaran dengan diameter sekitar 30 cm. Pastikan lingkaran yang Anda gunting memiliki tepi yang rata dan bersih.

2. Menggambar Peta Bumi

Setelah memiliki lingkaran, gunakan pensil warna putih untuk menggambar peta Bumi pada papan kayu yang telah dipotong. Gambarlah garis lintang dan garis bujur sebagai rujukan untuk menempatkan benua dan lautan.

3. Membuat Poros Rotasi

Sekarang, potonglah bola Styrofoam menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Ambil salah satu bagian dan pasang tusuk gigi di tengahnya secara vertikal. Bagian ini akan menjadi poros rotasi Bumi.

4. Menandai Kutub Utara dan Selatan

Tandai salah satu ujung tusuk gigi dengan warna cat akrilik biru sebagai kutub utara Bumi, dan tandai ujung lainnya dengan warna hijau sebagai kutub selatan Bumi. Biarkan cat akrilik kering sepenuhnya sebelum melanjutkan.

5. Memasang Poros Rotasi

Pergelangan bola Styrofoam yang telah ditandai sebagai kutub utara dan selatan harus menempel pada papan kayu. Pasang poros rotasi dengan tusuk gigi ke papan kayu tepat di tengah-tengah peta Bumi yang telah Anda gambar sebelumnya.

6. Menambahkan Tanduk Matahari

Untuk menandai arah rotasi Bumi, gambarlah tanduk matahari di salah satu sisi papan kayu dengan menggunakan cat akrilik kuning. Tunggu sampai cat akrilik kering sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

7. Membuat Penyangga

Untuk menjaga poros rotasi tetap stabil, buat penyangga dengan memasang dua paku ke bawah papan kayu pada kedua sisi poros rotasi. Pastikan poros rotasi dapat berputar secara bebas.

8. Membuat Penutup

Jika Anda ingin menutupi poros rotasi agar terlihat lebih estetis, Anda dapat membuat penutup dengan menggunakan potongan bola Styrofoam. Potong bola Styrofoam sedemikian rupa sehingga dapat menutupi poros rotasi dan menempel pada papan kayu.

9. Menambahkan Detail

Untuk menambahkan detail pada alat peraga rotasi Bumi Anda, Anda dapat menambahkan nama benua dan lautan menggunakan pensil atau cat akrilik. Anda juga dapat menambahkan elemen tambahan seperti ikonik monumen atau bangunan yang ada di berbagai benua.

10. Alat Peraga Rotasi Bumi Siap Digunakan

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, alat peraga rotasi Bumi Anda siap digunakan. Anda dapat memutar poros rotasi menggunakan tusuk gigi dan melihat bagaimana Bumi berputar sesuai dengan rotasi sebenarnya.

Dengan adanya alat peraga rotasi Bumi ini, Anda dapat mempelajari dan memahami lebih dalam tentang rotasi Bumi dan dampaknya terhadap waktu, cuaca, dan fenomena lainnya. Selamat mencoba!

close