Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Pustaka Wikipedia

Cara Menulis dan Contoh Daftar Pustaka Lengkap dari Berbagai Sumber

Apa itu Daftar Pustaka Wikipedia?

Daftar Pustaka Wikipedia merujuk pada daftar sumber referensi yang disertakan di akhir artikel di Wikipedia. Hal ini memungkinkan pembaca dan peneliti untuk melacak sumber-sumber informasi yang digunakan dalam artikel tersebut. Daftar pustaka ini adalah salah satu fitur penting yang membedakan Wikipedia dari sumber informasi online lainnya.

Mengapa Daftar Pustaka Penting?

Daftar Pustaka Wikipedia penting karena memberikan transparansi kepada pembaca tentang sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan artikel. Dengan melihat daftar pustaka, pembaca dapat memverifikasi keabsahan informasi yang diberikan dan melakukan penelitian lebih lanjut jika diinginkan. Selain itu, daftar pustaka juga membantu dalam mencegah plagiarisme dan memberikan penghargaan kepada penulis asli yang menyumbangkan pengetahuan mereka.

Cara Membaca Daftar Pustaka

Daftar Pustaka Wikipedia biasanya terletak di bagian akhir artikel. Biasanya, sumber-sumber ini disusun dalam format yang mudah dipahami, seperti nama penulis, judul artikel atau buku, tahun publikasi, dan informasi tambahan seperti nomor halaman atau URL. Untuk referensi online, tautan langsung ke sumber juga sering disediakan.

Contoh Daftar Pustaka

Berikut adalah contoh sederhana dari daftar pustaka yang dapat ditemukan di Wikipedia:

  1. Smith, John. "The History of Science." Journal of Scientific Discoveries, vol. 5, no. 2, 2020, pp. 100-120.
  2. Jones, Sarah. "Advancements in Technology." Encyclopedia of Modern Inventions, edited by Michael Johnson, 2018, pp. 50-65.
  3. Williams, David. "Exploring the Universe." Space Exploration Monthly, vol. 15, no. 4, 2019, pp. 30-45.

Menambahkan Daftar Pustaka di Wikipedia

Setiap orang dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas Wikipedia dengan menambahkan daftar pustaka yang relevan ke artikel. Untuk melakukannya, Anda perlu mengikuti pedoman dan aturan yang telah ditetapkan oleh komunitas Wikipedia. Pastikan untuk mencantumkan sumber-sumber yang dapat dipercaya dan relevan dengan topik artikel.

Kesimpulan

Daftar Pustaka Wikipedia adalah fitur yang penting dalam menjamin keakuratan dan kepercayaan informasi di Wikipedia. Dengan melihat daftar pustaka, pembaca dapat memverifikasi sumber informasi dan melakukan penelitian lebih lanjut. Menambahkan daftar pustaka yang relevan adalah tanggung jawab kita sebagai kontributor untuk memastikan kualitas dan integritas Wikipedia sebagai sumber informasi yang andal.

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Bibliography_of_Wikipedia

close