Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Gambar Poster Tema Adiwiyata

Poster Tema Adiwiyata Coretan
Informasi Gambar Poster Tema Adiwiyata

Adiwiyata: Mengenal Program Lingkungan Hidup di Sekolah

Adiwiyata adalah program yang diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia dengan tujuan untuk membentuk kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungan hidup. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam program ini adalah pembuatan poster dengan tema Adiwiyata.

Manfaat Gambar Poster Tema Adiwiyata

Gambar poster tema Adiwiyata memiliki manfaat yang penting dalam mengedukasi siswa tentang lingkungan hidup dan pentingnya menjaga kelestariannya. Melalui poster, pesan-pesan penting dapat disampaikan secara visual dan mudah dipahami oleh siswa.

Contoh Poster Tema Adiwiyata

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar poster dengan tema Adiwiyata:

1. Poster Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Gambar poster ini mengajak siswa untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan beralih ke penggunaan barang-barang ramah lingkungan seperti tas belanja kain atau botol minum yang dapat diisi ulang.

2. Poster Daur Ulang Sampah

Poster ini mengajak siswa untuk memilah sampah menjadi organik dan non-organik serta melakukan daur ulang terhadap sampah yang dapat didaur ulang. Dengan daur ulang, sampah dapat menjadi bahan yang berguna lagi.

3. Poster Menanam Pohon

Gambar poster ini mengajak siswa untuk aktif menanam pohon di sekitar sekolah sebagai upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup dan mengurangi polusi.

4. Poster Hemat Energi

Poster ini mengajak siswa untuk menggunakan energi secara efisien dan hemat, misalnya dengan mematikan lampu dan alat listrik yang tidak digunakan.

5. Poster Mengurangi Penggunaan Air

Gambar poster ini mengajak siswa untuk menggunakan air secara bijak dan mengurangi pemborosan air. Contohnya dengan mematikan keran saat tidak digunakan dan menggunakan shower daripada bak mandi yang membutuhkan lebih banyak air.

Cara Membuat Gambar Poster Tema Adiwiyata

Untuk membuat gambar poster tema Adiwiyata, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Tentukan Tema

Pilihlah tema yang sesuai dengan pesan yang ingin kamu sampaikan. Misalnya, pengurangan sampah, penghematan air, atau perlindungan hewan.

2. Buat Sketsa

Buatlah sketsa terlebih dahulu sebelum menggambar di atas kertas poster. Hal ini akan membantu kamu dalam menentukan komposisi dan tata letak gambar.

3. Pilih Warna

Pilihlah warna-warna yang sesuai dengan tema yang kamu pilih. Gunakan warna-warna cerah dan menarik perhatian untuk membuat poster terlihat menarik.

4. Gambar dengan Teliti

Gambarlah dengan teliti sesuai dengan sketsa yang sudah dibuat. Gunakan alat gambar yang sesuai seperti pensil, spidol, atau cat air.

5. Berikan Pesan yang Jelas

Pastikan pesan yang ingin kamu sampaikan dalam poster terlihat jelas dan mudah dipahami oleh siapa pun yang melihatnya.

close