Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manusia Purba Zaman Neolitikum

Bagaimanakah kehidupan manusia purba pada zaman dahulu ? Antropologi

Pengenalan

Zaman Neolitikum, juga dikenal sebagai Zaman Batu Baru, adalah periode dalam sejarah manusia di mana manusia mulai mengenal pertanian dan pemukiman tetap. Zaman ini ditandai dengan perubahan besar dalam kehidupan manusia, yang berdampak pada budaya, sosial, dan ekonomi mereka.

Pola Hidup

Pada zaman neolitikum, manusia purba hidup dalam pemukiman tetap di sekitar sumber daya alam yang melimpah. Mereka mulai bertani dan beternak hewan, seperti sapi, kambing, dan domba. Pertanian menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari mereka, menghasilkan makanan yang lebih stabil dan berlimpah.

Alat dan Teknologi

Manusia purba zaman neolitikum mengembangkan berbagai alat dan teknologi baru untuk membantu mereka dalam pertanian dan kehidupan sehari-hari. Mereka menggunakan batu untuk membuat alat-alat seperti kapak dan penggilingan biji-bijian. Mereka juga mulai menggunakan keramik untuk membuat wadah dan peralatan rumah tangga.

Pertukaran dan Perdagangan

Dalam zaman neolitikum, manusia purba mulai melakukan pertukaran dan perdagangan dengan kelompok lain. Mereka menukar barang seperti makanan, alat, dan kerajinan tangan dengan barang dari kelompok lain. Pertukaran ini membantu mereka mendapatkan bahan-bahan yang tidak tersedia di area pemukiman mereka.

Kepercayaan dan Ritual

Manusia purba zaman neolitikum memiliki kepercayaan dan praktik keagamaan mereka sendiri. Mereka membangun struktur seperti dolmen dan menhir sebagai tempat persembahan dan ritual keagamaan. Mereka juga menguburkan orang-orang yang meninggal dengan upacara yang khusus.

Perkembangan Seni

Selama zaman neolitikum, manusia purba juga mengembangkan seni mereka. Mereka membuat lukisan dinding di gua-gua dan membuat hiasan dari batu, tulang, dan tanduk hewan. Seni ini mencerminkan kehidupan sehari-hari mereka dan kepercayaan religius mereka.

Peninggalan Arkeologi

Peninggalan arkeologi dari zaman neolitikum memberikan banyak informasi tentang kehidupan manusia purba. Peninggalan seperti alat-alat batu, keramik, dan struktur batu membantu para arkeolog mempelajari kehidupan manusia purba dan perkembangan budaya mereka.

Pengaruh pada Perkembangan Masyarakat

Zaman neolitikum memiliki pengaruh besar pada perkembangan masyarakat manusia. Pertanian dan pemukiman tetap memungkinkan manusia untuk hidup dalam komunitas yang lebih besar dan kompleks. Pertukaran dan perdagangan antarkelompok juga membawa perubahan dalam pola sosial dan ekonomi.

Perkembangan Zaman

Pada akhir zaman neolitikum, manusia purba mulai mengenal logam, yang mengarah ke perkembangan Zaman Perunggu. Perkembangan ini melanjutkan perubahan sosial dan teknologi yang dimulai pada zaman neolitikum.

Penutup

Manusia purba zaman neolitikum memiliki peran penting dalam perkembangan manusia. Mereka menjadi manusia pertama yang mengenal pertanian dan pemukiman tetap, membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia dan membuka jalan bagi perkembangan masyarakat yang lebih maju di masa depan.

close