Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masa Neozoikum Terbagi Menjadi Dua Yaitu

Sejarah Masa Neozoikum Pahamify Taklukkan UTBK

Masa Neozoikum adalah era geologi yang dimulai sekitar 65 juta tahun yang lalu dan masih berlanjut hingga saat ini. Era ini terbagi menjadi dua periode, yaitu Paleogen dan Neogen. Kedua periode ini memiliki perbedaan signifikan dalam hal kehidupan, iklim, dan peristiwa geologis.

Periode Paleogen

Periode Paleogen berlangsung dari sekitar 65 hingga 23 juta tahun yang lalu. Pada periode ini, terjadi peristiwa penting dalam evolusi kehidupan di Bumi. Dinosaurus yang mendominasi periode sebelumnya punah, dan munculnya mamalia modern serta burung sebagai kelompok hewan yang mendominasi.

Iklim pada periode Paleogen cenderung hangat dan lembap. Hutan hujan tropis tersebar luas di berbagai wilayah. Benua-benua terus bergerak dan terbentuknya pegunungan baru, seperti Pegunungan Alpen di Eropa dan Pegunungan Rocky di Amerika Utara.

Era Pada Periode Paleogen

Pada periode Paleogen, terdapat beberapa era yang signifikan. Pertama, era Paleosen, yang ditandai dengan kepunahan dinosaurus dan munculnya mamalia dan burung modern. Kedua, era Eosen, di mana hutan hujan tropis semakin meluas dan berbagai kelompok mamalia berkembang dengan pesat. Ketiga, era Oligosen, di mana iklim semakin dingin dan lebih kering, menyebabkan penurunan populasi hutan hujan tropis.

Periode Neogen

Periode Neogen berlangsung dari sekitar 23 juta tahun yang lalu hingga saat ini. Pada periode ini, evolusi kehidupan terus berlanjut dan banyak spesies hewan modern mulai muncul. Mamalia seperti gajah dan kera besar mulai berkembang pesat.

Iklim pada periode Neogen mengalami perubahan yang signifikan. Pada awal periode, iklim masih relatif hangat, namun seiring berjalannya waktu, iklim semakin dingin dan lembab. Es mulai terbentuk di Kutub Utara dan Selatan, dan mengakibatkan penurunan permukaan laut.

Era Pada Periode Neogen

Pada periode Neogen, terdapat dua era yang penting. Pertama, era Miosen, di mana mamalia besar seperti gajah dan kera berkembang dengan pesat. Kedua, era Pliosen, di mana iklim semakin dingin dan permukaan laut semakin menurun, menyebabkan perubahan besar dalam ekosistem laut.

Secara keseluruhan, masa Neozoikum memainkan peran penting dalam evolusi kehidupan di Bumi. Periode Paleogen dan Neogen memiliki perbedaan signifikan dalam hal kehidupan, iklim, dan peristiwa geologis. Periode ini menjadi dasar bagi perkembangan kehidupan hingga saat ini.

close