Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Neozoikum Tersier: Masa Kejayaan Makhluk Hidup Di Bumi

Lengkap! Zaman Neozoikum Pengertian, CiriCiri & Pembagian Zamannya

Selamat datang di artikel ini! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang masa Neozoikum tersier. Neozoikum tersier adalah salah satu periode geologi yang terjadi sekitar 65 hingga 2,6 juta tahun yang lalu. Periode ini merupakan periode yang sangat menarik karena merupakan masa kejayaan bagi banyak makhluk hidup di Bumi.

Pembagian Neozoikum Tersier

Neozoikum tersier dibagi menjadi tiga sub-periode, yaitu Paleogen, Neogen, dan Kuarter. Setiap sub-periode ini memiliki karakteristik dan kejadian geologi yang berbeda-beda.

Paleogen

Pada sub-periode Paleogen, Bumi mengalami perubahan iklim yang signifikan. Iklim menjadi lebih hangat dan lembap, sehingga mempengaruhi flora dan fauna yang hidup di masa itu. Di daratan, hutan hujan tropis menjadi sangat luas dan menjadi tempat berbagai jenis hewan hidup. Di laut, terumbu karang berkembang dengan pesat dan menjadi rumah bagi banyak spesies laut.

Neogen

Selanjutnya, pada sub-periode Neogen, Bumi mengalami perubahan iklim yang lebih beragam. Di daratan, hutan hujan tropis mulai berkurang dan digantikan oleh savana dan padang rumput. Beberapa mamalia besar seperti gajah, kuda, dan kera mulai muncul dan berkembang biak. Di laut, terumbu karang masih menjadi tempat yang subur bagi kehidupan laut.

Kuarter

Pada sub-periode terakhir, Kuarter, Bumi mengalami perubahan iklim yang drastis. Iklim menjadi lebih dingin dan kering, sehingga menyebabkan berbagai peristiwa penting seperti zaman es dan kepunahan massal. Beberapa hewan seperti mamut dan hewan purba lainnya punah pada masa ini. Namun, manusia modern mulai muncul dan mengembangkan berbagai teknologi untuk bertahan hidup.

Kejadian Penting di Neozoikum Tersier

Selama masa Neozoikum tersier, banyak kejadian penting yang terjadi. Salah satu kejadian penting adalah kepunahan dinosaurus yang terjadi pada akhir periode Kretaseus sekitar 65 juta tahun yang lalu. Kepunahan dinosaurus ini membuka jalan bagi evolusi dan perkembangan berbagai spesies hewan baru yang kemudian mendominasi Bumi.

Selain itu, pada masa Neozoikum tersier juga terjadi evolusi dan perkembangan berbagai spesies mamalia. Mamalia menjadi kelompok hewan yang dominan dan berkembang biak dengan pesat. Beberapa mamalia besar seperti kuda, gajah, dan kera mulai muncul dan menjadi bagian penting dari ekosistem Bumi.

Di laut, terumbu karang berkembang dengan pesat pada periode Neozoikum tersier. Terumbu karang menjadi rumah bagi berbagai spesies laut seperti ikan, moluska, dan krustasea. Terumbu karang juga memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang masa Neozoikum tersier. Periode ini merupakan masa kejayaan bagi berbagai makhluk hidup di Bumi. Selama periode ini, terjadi perubahan iklim yang signifikan yang mempengaruhi flora dan fauna yang hidup pada masa itu. Terumbu karang berkembang dengan pesat di laut, sementara mamalia berkembang biak dengan pesat di daratan. Selain itu, kepunahan dinosaurus juga terjadi pada masa ini, membuka jalan bagi evolusi dan perkembangan berbagai spesies baru.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru tentang masa Neozoikum tersier. Tetaplah terus belajar dan mengeksplorasi pengetahuan baru untuk memperkaya wawasan kita tentang sejarah Bumi dan kehidupan di dalamnya.

close