Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nilai Bilangan Oksidasi Dari S Dalam Na2So3 Adalah

Bilangan Oksidasi Pengertian, Aturan dan Cara Menentukan

Nilai bilangan oksidasi adalah suatu konsep yang digunakan untuk menentukan sejauh mana suatu atom dalam suatu senyawa telah kehilangan atau memperoleh elektron. Dalam senyawa Na2SO3, kita perlu mengetahui nilai bilangan oksidasi dari atom Sulfur (S).

Bilangan Oksidasi pada Senyawa Na2SO3

Untuk menentukan nilai bilangan oksidasi dari Sulfur dalam Na2SO3, kita perlu memperhatikan beberapa aturan:

1. Bilangan Oksidasi Atom Netral

Atom Sulfur (S) dalam keadaan netral memiliki bilangan oksidasi 0. Namun, dalam senyawa Na2SO3, Sulfur berada dalam bentuk senyawa dan telah bereaksi dengan unsur lain.

2. Bilangan Oksidasi Unsur Lain dalam Senyawa

Sebelum menentukan bilangan oksidasi dari Sulfur, kita perlu mengetahui bilangan oksidasi unsur lain dalam senyawa Na2SO3. Atom Natrium (Na) memiliki bilangan oksidasi +1, sedangkan atom Oksigen (O) memiliki bilangan oksidasi -2.

Menentukan Bilangan Oksidasi Sulfur (S)

Dalam senyawa Na2SO3, terdapat dua atom Natrium (Na) yang memiliki bilangan oksidasi +1. Dalam satu molekul Na2SO3, total bilangan oksidasi dari dua atom Natrium adalah +2.

Atom Oksigen (O) dalam Na2SO3 memiliki bilangan oksidasi -2. Dalam satu molekul Na2SO3, terdapat tiga atom Oksigen, sehingga total bilangan oksidasi dari tiga atom Oksigen adalah -6.

Untuk menentukan bilangan oksidasi Sulfur (S), kita dapat menggunakan rumus:

Bilangan Oksidasi Sulfur (S) = Total Bilangan Oksidasi Seluruh Senyawa - Total Bilangan Oksidasi Unsur Lainnya

Bilangan Oksidasi Sulfur (S) = 0 - (+2) - (-6)

Bilangan Oksidasi Sulfur (S) = 0 + 2 + 6

Bilangan Oksidasi Sulfur (S) = +8

Jadi, nilai bilangan oksidasi dari Sulfur (S) dalam senyawa Na2SO3 adalah +8.

Kesimpulan

Dalam senyawa Na2SO3, nilai bilangan oksidasi dari Sulfur (S) adalah +8. Menentukan bilangan oksidasi sangat penting dalam memahami sifat-sifat kimia suatu senyawa serta reaksi-reaksi yang terjadi. Dengan mengetahui nilai bilangan oksidasi, kita dapat memprediksi jalannya suatu reaksi kimia dan memahami peran dari masing-masing unsur dalam senyawa tersebut.

close