Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendiri Daulah Abbasiyah Adalah

Ini Pendiri Dinasti Abbasiyah Dalam Sejarah Islam

Mengenal Daulah Abbasiyah

Daulah Abbasiyah adalah salah satu dinasti yang pernah berkuasa di dunia Islam. Dinasti ini didirikan oleh Bani Abbasiyah yang berasal dari suku Quraisy. Daulah Abbasiyah memerintah dari tahun 750 M hingga 1258 M dan memiliki kekuasaan yang sangat besar.

Pendiri Daulah Abbasiyah

Pendiri Daulah Abbasiyah adalah Abu al-Abbas as-Saffah. Dia adalah keturunan dari Bani Abbasiyah dan merupakan anak dari Abdullah bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul Muththalib bin Hashim bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ayy bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin An-Nadr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan.

Abu al-Abbas as-Saffah lahir pada tahun 721 M di kota Mecca. Dia adalah cucu dari Abdullah bin Abbas, sepupu Rasulullah SAW. Pada awal pemerintahannya, Abu al-Abbas as-Saffah berhasil menggulingkan Dinasti Umayyah yang saat itu berkuasa.

Masa Pemerintahan Abu al-Abbas as-Saffah

Setelah berhasil menggulingkan Dinasti Umayyah, Abu al-Abbas as-Saffah memproklamirkan dirinya sebagai khalifah dan mendirikan Daulah Abbasiyah. Dia memindahkan ibu kota dari Damaskus ke kota Baghdad, yang kemudian menjadi pusat kekuasaan Abbasiyah selama berabad-abad.

Pemerintahan Abu al-Abbas as-Saffah ditandai dengan upaya untuk memperkuat kekuasaan keluarga Abbasiyah. Dia menjalankan kebijakan-kebijakan yang menguntungkan keluarganya, seperti memberikan jabatan-jabatan penting kepada anggota keluarganya sendiri.

Peninggalan Abu al-Abbas as-Saffah

Abu al-Abbas as-Saffah wafat pada tahun 754 M setelah memerintah selama empat tahun. Meskipun masa pemerintahannya relatif singkat, namun Abu al-Abbas as-Saffah berhasil membentuk dasar-dasar kekuasaan Abbasiyah yang kuat.

Peninggalan Abu al-Abbas as-Saffah meliputi pendirian ibu kota baru, Baghdad, yang menjadi pusat kekuasaan Abbasiyah selama berabad-abad. Selain itu, dia juga berhasil memperkuat kekuasaan keluarga Abbasiyah dan membentuk fondasi awal dari dinasti yang kuat dan berpengaruh.

Kesimpulan

Pendiri Daulah Abbasiyah adalah Abu al-Abbas as-Saffah. Dia berhasil menggulingkan Dinasti Umayyah dan mendirikan Daulah Abbasiyah. Abu al-Abbas as-Saffah memerintah selama empat tahun dan meninggalkan peninggalan berupa ibu kota baru, Baghdad, serta dasar-dasar kekuasaan Abbasiyah yang kuat. Daulah Abbasiyah kemudian berkuasa selama berabad-abad dan menjadi salah satu dinasti terbesar dalam sejarah dunia Islam.

close