Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kurikulum Dalam Arti Sempit Dan Luas

Pengertian Kurikulum Definisi, Fungsi, Tujuan, dan Komponen Kurikulum

Kurikulum merupakan suatu konsep yang penting dalam dunia pendidikan. Dalam arti sempit, kurikulum merujuk pada rencana pembelajaran yang disusun oleh lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan dalam arti luas, kurikulum mencakup semua aspek yang terlibat dalam proses pendidikan, termasuk metode pengajaran, materi pembelajaran, serta pengukuran dan evaluasi hasil belajar.

Arti Sempit Kurikulum

Arti sempit kurikulum mengacu pada rencana pembelajaran yang dirancang oleh lembaga pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam arti ini, kurikulum mencakup semua komponen yang terkait dengan proses pengajaran dan pembelajaran, seperti struktur program pendidikan, mata pelajaran yang diajarkan, dan metode pengajaran yang digunakan.

Struktur Program Pendidikan

Struktur program pendidikan merujuk pada tahapan pembelajaran yang harus dilalui oleh siswa dalam mencapai tujuan pendidikan. Misalnya, struktur program pendidikan di tingkat sekolah dasar terdiri dari kelas 1 hingga kelas 6, sedangkan di tingkat sekolah menengah ada tingkat SMP dan tingkat SMA.

Mata Pelajaran

Mata pelajaran adalah subjek yang diajarkan dalam proses pembelajaran. Setiap jenjang pendidikan memiliki mata pelajaran yang berbeda, seperti matematika, bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan alam, dan sejarah. Mata pelajaran ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tertentu kepada siswa.

Metode Pengajaran

Metode pengajaran adalah cara atau strategi yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Metode pengajaran dapat beragam, seperti ceramah, diskusi, praktikum, atau kegiatan lapangan. Metode pengajaran yang efektif akan membantu siswa memahami dan mengaplikasikan pengetahuan dengan lebih baik.

Arti Luas Kurikulum

Arti luas kurikulum mencakup semua aspek yang terlibat dalam proses pendidikan. Selain komponen yang sudah disebutkan sebelumnya, arti luas kurikulum juga mencakup materi pembelajaran, pengukuran dan evaluasi hasil belajar, serta pengembangan kurikulum yang berkelanjutan.

Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran adalah isi atau konten yang diajarkan dalam proses pendidikan. Materi pembelajaran harus relevan dengan tujuan pendidikan dan kebutuhan siswa. Di setiap mata pelajaran, terdapat materi pembelajaran yang harus dipelajari oleh siswa sesuai dengan tingkat kesulitan dan tingkat perkembangan mereka.

Pengukuran dan Evaluasi Hasil Belajar

Pengukuran dan evaluasi hasil belajar merupakan bagian penting dalam kurikulum. Tujuan dari pengukuran dan evaluasi adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mencapai kompetensi yang ditetapkan. Pengukuran dan evaluasi dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti ujian tulis, tugas proyek, atau penilaian keterampilan praktis.

Pengembangan Kurikulum yang Berkelanjutan

Pengembangan kurikulum yang berkelanjutan merujuk pada proses penyempurnaan dan penyesuaian kurikulum secara terus-menerus. Kurikulum perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman, kebutuhan siswa, dan tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan. Dengan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan, diharapkan pendidikan dapat lebih relevan dan efektif dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

close