Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peninggalan Zaman Neozoikum

Lengkap! Zaman Neozoikum Pengertian, CiriCiri & Pembagiannya

Pada zaman neozoikum, bumi mengalami perkembangan yang signifikan dalam hal kehidupan dan lingkungan. Era ini terdiri dari dua periode utama, yaitu Tersier dan Kuartier. Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa peninggalan zaman neozoikum yang menarik untuk dipelajari.

Fosil Hewan Purba

Di zaman neozoikum, banyak fosil hewan purba yang ditemukan. Salah satu contohnya adalah fosil mammoth, yaitu hewan yang mirip dengan gajah tetapi memiliki bulu dan hidup di daerah bersalju. Fosil-fosil ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan hewan pada masa lampau.

Hewan-Hewan Purba Lainnya

Selain mammoth, ada juga fosil hewan purba lainnya seperti saber-toothed tiger (harimau bertaring pedang) yang memiliki gigi taring yang sangat panjang dan kuat. Fosil-fosil ini memberikan bukti tentang keragaman kehidupan hewan pada masa lalu.

Peninggalan Manusia Purba

Pada zaman neozoikum, manusia purba juga telah muncul. Beberapa peninggalan manusia purba yang ditemukan antara lain adalah alat-alat batu yang digunakan untuk berburu dan bertahan hidup. Penemuan ini memberikan wawasan tentang kehidupan manusia pada masa lampau.

Peninggalan Budaya

Selain alat-alat batu, juga ditemukan peninggalan budaya seperti lukisan prasejarah di gua-gua. Lukisan-lukisan ini memberikan informasi tentang seni dan kehidupan manusia purba.

Perubahan Iklim

Pada zaman neozoikum, terjadi perubahan iklim yang signifikan. Salah satu contohnya adalah Zaman Es yang terjadi pada periode terakhir Kuartier. Peningkatan suhu yang drastis mempengaruhi kehidupan flora dan fauna di bumi.

Adaptasi Hewan

Perubahan iklim memaksa hewan untuk beradaptasi. Contohnya adalah mammoth yang berkembang menjadi hewan berbulu tebal untuk bertahan hidup di lingkungan salju yang keras.

Peninggalan Geologi

Selain peninggalan biologi, zaman neozoikum juga meninggalkan peninggalan geologi yang menarik. Salah satunya adalah terbentuknya pegunungan dan lempengan tektonik yang terjadi akibat pergerakan lempeng bumi. Peninggalan ini memberikan pemahaman tentang geologi bumi.

Formasi Batuan

Formasi batuan seperti batu kapur dan batu pasir yang terbentuk pada zaman neozoikum memperlihatkan proses pembentukan bumi yang lama dan kompleks.

Peninggalan Flora

Zaman neozoikum juga meninggalkan peninggalan flora yang menarik. Pohon-pohon purba seperti sequoia dan redwood yang hidup pada masa itu menghadirkan keindahan alam dan memberikan informasi tentang kehidupan tumbuhan pada masa lalu.

Fosil Tumbuhan

Fosil-fosil tumbuhan seperti daun dan kayu yang ditemukan memberikan pemahaman tentang keanekaragaman tumbuhan pada zaman neozoikum.

Peninggalan Laut

Peninggalan laut pada zaman neozoikum termasuk fosil-fosil hewan laut seperti ikan purba dan moluska. Peninggalan ini memberikan wawasan tentang kehidupan laut pada masa itu.

Kerangka Hewan Laut

Kerangka hewan laut seperti paus purba yang ditemukan memberikan pemahaman tentang ukuran dan bentuk hewan laut pada masa lalu.

close