Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penulisan Daftar Pustaka Dari Jurnal

Ini Contoh Daftar Pustaka dan Cara Penulisan

Pengenalan

Saat menulis sebuah karya ilmiah, seperti tugas akhir atau artikel penelitian, salah satu hal yang penting adalah menyertakan daftar pustaka. Daftar pustaka adalah kumpulan sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan karya tersebut. Jurnal merupakan salah satu sumber yang sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah. Pada artikel ini, akan dijelaskan cara penulisan daftar pustaka dari jurnal.

Pengutipan Jurnal

1. Judul Artikel

Pertama, tuliskan judul artikel jurnal yang akan diikutsertakan dalam daftar pustaka. Judul harus ditulis dengan format yang sesuai, seperti menggunakan huruf kapital pada huruf pertama kata benda dan kata kerja, serta tidak perlu ditulis dalam tanda kutip.

2. Nama Penulis

Setelah judul artikel, tuliskan nama penulis atau penulis-penulis artikel tersebut. Nama penulis harus ditulis dengan format "Nama Belakang, Inisial Nama Depan." Jika ada lebih dari satu penulis, pisahkan dengan tanda koma dan tulis "dan" sebelum penulis terakhir.

3. Nama Jurnal

Setelah nama penulis, tuliskan nama jurnal tempat artikel tersebut diterbitkan. Nama jurnal harus ditulis dengan format yang sesuai, seperti menggunakan huruf kapital pada huruf pertama kata benda dan kata kerja, serta tidak perlu ditulis dalam tanda kutip.

4. Volume dan Nomor Jurnal

Setelah nama jurnal, tuliskan volume dan nomor jurnal tempat artikel tersebut terbit. Volume dan nomor jurnal biasanya dapat ditemukan di halaman depan atau belakang jurnal. Tuliskan volume terlebih dahulu, diikuti dengan nomor jurnal setelah tanda kurung.

5. Tahun Terbit

Terakhir, tuliskan tahun terbit artikel jurnal tersebut. Tahun terbit biasanya dapat ditemukan di halaman depan atau belakang jurnal, atau dalam informasi bibliografi artikel itu sendiri.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal

Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka dari jurnal:

Smith, J. K., & Johnson, L. M. (2023). The Impact of Climate Change on Biodiversity. Journal of Environmental Studies, 8(2), 45-60.

Adams, R., Brown, C., & Davis, P. (2023). The Role of Artificial Intelligence in Healthcare. Journal of Medical Research, 15(4), 120-135.

Perlu diingat bahwa contoh di atas hanya merupakan ilustrasi umum. Format penulisan daftar pustaka dari jurnal dapat bervariasi tergantung pada gaya penulisan yang digunakan, seperti APA, MLA, atau Harvard.

Kesimpulan

Penulisan daftar pustaka dari jurnal merupakan langkah penting dalam penulisan karya ilmiah. Dengan menggunakan format yang tepat, kita dapat memberikan penghargaan kepada penulis jurnal yang telah memberikan kontribusi pada penelitian kita. Dalam penulisan daftar pustaka, perhatikan judul artikel, nama penulis, nama jurnal, volume dan nomor jurnal, serta tahun terbit. Dengan memahami cara penulisan daftar pustaka dari jurnal, kita dapat meningkatkan kualitas karya ilmiah kita.

close