Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rpp Adiwiyata Kelas 5 Sd Kurikulum 2013

Rpp Adiwiyata Sd Kelas 3 Kurikulum 2013 Dunia Sosial
RPP Adiwiyata Kelas 5 SD Kurikulum 2013

Pengertian Adiwiyata

Adiwiyata adalah program penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang telah berhasil melaksanakan program pendidikan lingkungan hidup. Program ini bertujuan untuk membentuk generasi yang peduli terhadap lingkungan dan memiliki kesadaran untuk menjaga kelestariannya.

Manfaat Adiwiyata

1. Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan

Program Adiwiyata membantu siswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar mereka. Melalui kegiatan yang terintegrasi dalam kurikulum, siswa akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan, keindahan, dan keseimbangan alam.

2. Meningkatkan Pembelajaran Terpadu

Adiwiyata juga membantu meningkatkan pembelajaran terpadu di sekolah. Dalam program ini, siswa tidak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga dilibatkan dalam kegiatan di luar kelas seperti penanaman pohon, pengelolaan sampah, dan lainnya. Hal ini membantu siswa untuk mendapatkan pengalaman nyata dari lingkungan sekitar mereka.

RPP Adiwiyata Kelas 5 SD Kurikulum 2013

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Adiwiyata untuk kelas 5 SD Kurikulum 2013 memiliki beberapa komponen penting. Dalam RPP ini, terdapat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran dalam RPP Adiwiyata kelas 5 SD Kurikulum 2013 adalah untuk mengembangkan sikap peduli terhadap lingkungan hidup, meningkatkan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati, dan mengembangkan keterampilan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran dalam RPP Adiwiyata kelas 5 SD Kurikulum 2013 meliputi pengenalan tentang ekosistem, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, dan upaya pelestarian alam.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran dalam RPP Adiwiyata kelas 5 SD Kurikulum 2013 adalah pembelajaran aktif yang melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan di lingkungan sekitar mereka. Metode ini menggunakan pendekatan observasi, eksplorasi, dan diskusi untuk membantu siswa memahami konsep yang diajarkan.

Penilaian Pembelajaran

Penilaian pembelajaran dalam RPP Adiwiyata kelas 5 SD Kurikulum 2013 dilakukan melalui berbagai cara, seperti tes tulis, observasi, dan penugasan. Penilaian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Kesimpulan

Program Adiwiyata dan RPP Adiwiyata kelas 5 SD Kurikulum 2013 adalah upaya untuk membentuk siswa yang peduli terhadap lingkungan hidup. Melalui program ini, siswa akan belajar tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, pelestarian alam, dan keanekaragaman hayati.

close