Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tabarruj Adalah

Tabarruj Adalah Pamer Keindahan yang Dilarang, Ini Hukumnya!

Tabarruj adalah sebuah istilah yang sering digunakan dalam konteks agama Islam. Istilah ini merujuk pada perilaku atau tindakan yang mencerminkan keinginan seseorang untuk menonjolkan keindahan atau daya tarik fisiknya secara berlebihan di depan orang lain, terutama orang yang bukan mahram.

Sebagai seorang muslim, penting bagi kita untuk memahami konsep tabarruj dan menghindari perilaku yang tidak sesuai dengan ajaran agama. Tabarruj dapat mencakup berbagai tindakan seperti memakai pakaian yang terlalu ketat atau terbuka, memakai riasan wajah yang berlebihan, atau berperilaku dengan cara yang menarik perhatian secara berlebihan.

Apa yang Dilarang dalam Tabarruj?

Dalam Islam, tabarruj dilarang karena dapat menimbulkan fitnah dan menggoda orang lain. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Ahzab ayat 33:

"Dan janganlah kamu berjalan dengan berlenggang-lenggok sehingga yang tersembunyi dari perhiasanmu nampak. Dan berpakaianlah kamu." (Al-Ahzab: 33)

Dalam ayat ini, Allah SWT menegaskan pentingnya berpakaian yang sopan dan tidak mencolok. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kehormatan diri dan menjaga ketertiban dalam masyarakat.

Implikasi Tabarruj dalam Kehidupan Sehari-hari

Tabarruj tidak hanya terkait dengan cara berpakaian dan berpenampilan, tetapi juga melibatkan perilaku dan sikap. Sebagai seorang muslim, kita harus memperhatikan bagaimana kita berbicara, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain.

Tabarruj dapat menciptakan suasana yang tidak nyaman dan menimbulkan godaan bagi orang lain. Misalnya, jika seorang wanita memakai pakaian yang terlalu terbuka atau ketat, hal ini dapat menarik perhatian dan menciptakan pikiran negatif pada orang-orang di sekitarnya. Selain itu, tabarruj juga dapat mengganggu konsentrasi dalam beribadah dan mengarahkan pikiran kita pada hal-hal yang tidak seharusnya.

Menghindari Tabarruj

Untuk menghindari tabarruj, kita perlu mengedepankan kesederhanaan dalam berpakaian dan berpenampilan. Kita harus mengenakan pakaian yang sopan, tidak terlalu ketat atau terbuka, dan tidak mencolok. Selain itu, kita juga harus menjaga sikap dan perilaku agar tidak menarik perhatian secara berlebihan.

Menjaga kehormatan diri dan menjaga tata krama dalam berpakaian dan berpenampilan adalah bagian dari ketaatan kita terhadap ajaran agama. Dengan menghindari tabarruj, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan menjaga nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesimpulan

Tabarruj adalah perilaku atau tindakan yang mencerminkan keinginan seseorang untuk menonjolkan keindahan atau daya tarik fisiknya secara berlebihan di depan orang lain, terutama orang yang bukan mahram. Dalam Islam, tabarruj dilarang karena dapat menimbulkan fitnah dan menggoda orang lain. Untuk menghindari tabarruj, kita perlu mengedepankan kesederhanaan dalam berpakaian dan berpenampilan, serta menjaga sikap dan perilaku agar tidak menarik perhatian secara berlebihan. Dengan menghindari tabarruj, kita dapat menjaga nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari dan menciptakan lingkungan yang lebih harmonis.

close