Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tb Paru Aktif Lesi Luas Artinya

TB PARU, jenis TB yang paling sering Klik paru
Informasi tentang TB Paru Aktif Lesi Luas

Apakah Anda tahu apa itu TB paru aktif lesi luas? Jika belum, mari kita bahas bersama-sama. TB paru aktif merupakan bentuk infeksi tuberkulosis yang paling umum. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru. Lesi luas artinya bahwa infeksi telah menyebar ke area yang lebih luas di dalam paru-paru.

Apa yang Menyebabkan TB Paru Aktif Lesi Luas?

TB paru aktif lesi luas disebabkan oleh penyebaran bakteri Mycobacterium tuberculosis melalui udara saat seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Penularan juga dapat terjadi melalui kontak langsung dengan penderita TB. Faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami TB paru aktif lesi luas termasuk sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti pada penderita HIV/AIDS, diabetes, atau pengguna obat imunosupresif.

Gejala TB Paru Aktif Lesi Luas

Gejala utama TB paru aktif lesi luas meliputi batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu, demam, keringat malam, penurunan berat badan secara drastis tanpa penyebab yang jelas, kelelahan, dan nafsu makan berkurang. Penderita juga dapat mengalami sesak napas, nyeri dada, dan batuk darah jika lesi sudah merusak pembuluh darah di dalam paru-paru.

Diagnosis TB Paru Aktif Lesi Luas

Diagnosis TB paru aktif lesi luas dapat dilakukan melalui pemeriksaan dahak untuk mendeteksi adanya bakteri Mycobacterium tuberculosis. Pemeriksaan radiofografi dada juga dapat membantu mengidentifikasi lesi yang lebih luas di dalam paru-paru. Dokter juga mungkin akan melakukan tes darah, tes kulit, atau biopsi jaringan paru-paru untuk memastikan diagnosis.

Pengobatan TB Paru Aktif Lesi Luas

Pengobatan TB paru aktif lesi luas dilakukan dengan menggunakan kombinasi obat anti-TB. Pengobatan ini harus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu minimal 6 bulan, untuk memastikan bahwa semua bakteri telah dibasmi. Penting untuk mengikuti rencana pengobatan dengan disiplin dan tidak menghentikan pengobatan sebelum waktunya, agar tidak terjadi resistensi obat dan kekambuhan penyakit.

Pencegahan TB Paru Aktif Lesi Luas

Untuk mencegah TB paru aktif lesi luas, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Menghindari kontak dengan penderita TB aktif.
  2. Menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara rutin.
  3. Menggunakan masker saat berinteraksi dengan penderita TB atau di tempat yang berisiko tinggi.
  4. Menjalani vaksinasi BCG untuk melindungi diri terhadap TB.
  5. Mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik.

Kesimpulan

TB paru aktif lesi luas adalah bentuk infeksi tuberkulosis yang menyebar ke area yang lebih luas di dalam paru-paru. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dan dapat menyebabkan gejala seperti batuk yang berlangsung lebih dari 3 minggu, demam, penurunan berat badan drastis, dan kelelahan. Pengobatan dilakukan dengan menggunakan kombinasi obat anti-TB selama minimal 6 bulan. Untuk mencegah penularan, penting menjaga kebersihan diri dan menghindari kontak dengan penderita TB aktif.

close