Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wosm Singkatan Dari

Pramuka Harus Tahu Apa Itu WOSM (World Organization of the Scout
WOSM Singkatan Dari - 2024

Apa Itu WOSM?

WOSM adalah singkatan dari World Organization of the Scout Movement. Organisasi ini merupakan badan pendukung gerakan pramuka di seluruh dunia. WOSM bertujuan untuk mempromosikan pendidikan karakter dan kepemimpinan melalui kegiatan pramuka.

Sejarah WOSM

WOSM didirikan pada tahun 1922 dan berpusat di Jenewa, Swiss. Organisasi ini didirikan oleh Sir Robert Baden-Powell, pendiri gerakan pramuka, dengan tujuan untuk menyatukan gerakan pramuka di seluruh dunia. WOSM bekerja sama dengan organisasi pramuka nasional di berbagai negara untuk menyediakan dukungan dan panduan bagi anggota pramuka.

Tujuan WOSM

WOSM memiliki beberapa tujuan utama, antara lain:

  • Mempromosikan pendidikan karakter dan kepemimpinan melalui kegiatan pramuka
  • Membantu negara-negara dalam pengembangan gerakan pramuka nasional
  • Menyediakan pertukaran budaya dan pengalaman antara anggota pramuka di seluruh dunia
  • Menyelenggarakan kegiatan internasional untuk mempererat persahabatan dan kerjasama antar pramuka

Peran WOSM di Indonesia

Di Indonesia, WOSM dikenal dengan nama Gerakan Pramuka Indonesia. Gerakan Pramuka Indonesia merupakan anggota WOSM sejak tahun 1953. WOSM membantu Gerakan Pramuka Indonesia dalam pengembangan program pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan gerakan pramuka secara global.

Kegiatan WOSM di Indonesia

WOSM dan Gerakan Pramuka Indonesia secara rutin menyelenggarakan kegiatan pramuka tingkat nasional dan internasional. Kegiatan ini meliputi perkemahan, pertukaran budaya, pelatihan kepemimpinan, dan berbagai kegiatan lain yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman anggota pramuka.

Keanggotaan WOSM

WOSM memiliki anggota di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Setiap negara memiliki organisasi pramuka nasional yang menjadi anggota WOSM. Di Indonesia, Gerakan Pramuka Indonesia menjadi anggota WOSM dan mewakili pramuka Indonesia di tingkat internasional.

Kegunaan Keanggotaan WOSM

Keanggotaan WOSM memberikan manfaat bagi negara anggota, antara lain:

  • Menyediakan panduan dan sumber daya untuk pengembangan program pramuka
  • Memperluas jaringan kerjasama dengan pramuka di seluruh dunia
  • Memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan internasional
  • Mendapatkan dukungan dan bantuan dalam pengembangan gerakan pramuka nasional

Kesimpulan

WOSM merupakan organisasi pendukung gerakan pramuka di seluruh dunia. Melalui kerjasama dengan organisasi pramuka nasional, WOSM berupaya mempromosikan pendidikan karakter dan kepemimpinan melalui kegiatan pramuka. Di Indonesia, Gerakan Pramuka Indonesia adalah anggota WOSM dan mewakili pramuka Indonesia di tingkat internasional.

close