Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zaman Neozoikum Terbagi Menjadi

Pengertian Zaman Neozoikum dan CiriCirinya [Lengkap]

Zaman Neozoikum

Zaman Neozoikum adalah salah satu dari tiga zaman geologi yang terdiri dari era Kainozoikum dan era Paleozoikum. Zaman Neozoikum juga dikenal sebagai Era Terbaru, yang dimulai sekitar 66 juta tahun yang lalu setelah kepunahan massal dinosaurus.

Paleogen

Pada awal Neozoikum, terdapat periode yang dikenal sebagai Paleogen. Paleogen dibagi menjadi tiga sub-periode, yaitu Paleosen, Eosen, dan Oligosen. Pada periode ini, mamalia mulai mendominasi planet ini setelah kepunahan dinosaurus.

Paleosen

Periode Paleosen berlangsung sekitar 66-56 juta tahun yang lalu. Pada periode ini, mamalia kecil dan tidak bersahabat seperti tikus dan primata pertama mulai muncul di bumi. Iklim hangat dan lembap mempengaruhi kehidupan di darat dan di laut.

Eosen

Periode Eosen berlangsung sekitar 56-34 juta tahun yang lalu. Pada periode ini, iklim semakin hangat dan beragam spesies mamalia mulai berkembang. Hutan-hutan tropis luas dan rawa-rawa menjadi lingkungan yang umum ditemui pada masa ini.

Oligosen

Periode Oligosen berlangsung sekitar 34-23 juta tahun yang lalu. Iklim semakin sejuk di bagian akhir periode ini. Perubahan iklim ini mempengaruhi flora dan fauna, dengan beberapa spesies mamalia mengalami kepunahan dan yang lainnya beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Neogen

Setelah Paleogen, Neozoikum dilanjutkan dengan periode Neogen. Neogen juga dibagi menjadi dua sub-periode, yaitu Miosen dan Pliosen.

Miosen

Periode Miosen berlangsung sekitar 23-5,3 juta tahun yang lalu. Pada periode ini, mamalia modern mulai muncul. Kepunahan massal terjadi pada akhir periode ini, yang mempengaruhi kehidupan di darat dan di laut.

Pliosen

Periode Pliosen berlangsung sekitar 5,3-2,6 juta tahun yang lalu. Pada periode ini, iklim menjadi lebih dingin dan lebih kering. Spesies mamalia seperti mamut dan gajah bertaring mulai berkembang dan menyebar ke berbagai belahan bumi.

Kuarter

Periode terakhir dalam Neozoikum adalah Kuarter, yang berlangsung sekitar 2,6 juta tahun yang lalu hingga saat ini. Kuarter dibagi menjadi dua sub-periode, yaitu Pleistosen dan Holosen.

Pleistosen

Periode Pleistosen berlangsung sekitar 2,6 juta-11.700 tahun yang lalu. Pada periode ini, iklim menjadi lebih dingin dan iklim es menguasai bagian utara bumi. Banyak megafauna seperti mamut dan harimau sabel yang hidup pada periode ini mengalami kepunahan.

Holosen

Periode Holosen dimulai sekitar 11.700 tahun yang lalu dan berlanjut hingga saat ini. Pada periode ini, manusia modern mulai berkembang dan mengubah lingkungan secara signifikan. Periode Holosen juga dikenal sebagai Zaman Antroposen, di mana aktivitas manusia menjadi faktor dominan dalam perubahan lingkungan bumi.

close