Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Garis Bilangan Dan Jawabannya

Contoh Soal Garis Bilangan Dan Jawabannya Ujian

Pengertian Garis Bilangan

Garis bilangan merupakan suatu deret angka yang terurut secara berurutan dan terdiri dari bilangan positif dan negatif. Garis bilangan biasanya digunakan untuk mempermudah dalam memahami hubungan antara angka-angka dalam matematika. Pada garis bilangan, angka-angka yang lebih kecil terletak di sebelah kiri, sedangkan angka-angka yang lebih besar terletak di sebelah kanan.

Contoh Soal Garis Bilangan

Contoh Soal 1:

Tentukan nilai yang terletak di antara -5 dan 5 pada garis bilangan.

Jawaban:

Nilai yang terletak di antara -5 dan 5 pada garis bilangan adalah -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4.

Contoh Soal 2:

Tentukan bilangan yang terletak 3 angka di sebelah kanan -7 pada garis bilangan.

Jawaban:

Bilangan yang terletak 3 angka di sebelah kanan -7 pada garis bilangan adalah -4.

Contoh Soal 3:

Tentukan bilangan positif terkecil pada garis bilangan.

Jawaban:

Bilangan positif terkecil pada garis bilangan adalah 1.

Cara Menyelesaikan Soal Garis Bilangan

Untuk menyelesaikan soal garis bilangan, Anda perlu memahami konsep dan pola hubungan antara angka-angka dalam garis bilangan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1:

Tentukan angka awal dan akhir dalam deret bilangan yang diberikan. Misalnya, -5 hingga 5.

Langkah 2:

Tentukan kenaikan atau penurunan antara dua angka dalam deret bilangan. Pada contoh soal di atas, kenaikan atau penurunan antara dua angka adalah 1.

Langkah 3:

Hitung berapa banyak angka yang terdapat di antara angka awal dan akhir dengan menggunakan kenaikan atau penurunan yang telah ditentukan. Pada contoh soal di atas, terdapat 11 angka antara -5 dan 5.

Langkah 4:

Tentukan angka-angka yang terletak di antara angka awal dan akhir dengan menggunakan kenaikan atau penurunan yang telah ditentukan. Pada contoh soal di atas, angka-angka yang terletak di antara -5 dan 5 adalah -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4.

Langkah 5:

Jika diminta mencari angka yang terletak di sebelah kanan atau kiri suatu angka, tambahkan atau kurangkan kenaikan atau penurunan yang telah ditentukan sejumlah angka yang diminta. Pada contoh soal di atas, jika diminta mencari bilangan yang terletak 3 angka di sebelah kanan -7, maka tambahkan -7 dengan 3, sehingga didapatkan -4.

Manfaat Memahami Garis Bilangan

Mempelajari garis bilangan memiliki manfaat yang penting dalam pemahaman matematika. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Mempermudah Pemahaman Konsep Bilangan

Dengan memahami garis bilangan, kita dapat lebih mudah memahami konsep bilangan positif dan negatif, serta hubungan antara angka-angka dalam deret bilangan.

2. Membantu dalam Operasi Bilangan

Garis bilangan dapat digunakan sebagai alat bantu dalam melakukan operasi bilangan, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kita dapat memanfaatkan garis bilangan untuk mengatur urutan bilangan dan memudahkan proses perhitungan.

3. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Memahami garis bilangan juga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dalam matematika, seringkali kita dihadapkan pada masalah yang melibatkan urutan bilangan. Dengan memahami garis bilangan, kita dapat dengan cepat mengenali pola dan hubungan antara angka-angka dalam masalah tersebut.

Kesimpulan

Garis bilangan merupakan deret angka yang terurut secara berurutan dan terdiri dari bilangan positif dan negatif. Dalam menyelesaikan soal garis bilangan, kita perlu memahami konsep dan pola hubungan antara angka-angka dalam deret bilangan. Memahami garis bilangan memiliki manfaat penting dalam pemahaman matematika, operasi bilangan, dan kemampuan pemecahan masalah.

close