Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Berlantung Menurut Kbbi


Pengertian Berlantung

Berlantung adalah kata kerja yang memiliki beberapa arti menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Berikut adalah beberapa arti dari kata berlantung:

1. Terlantar

Arti pertama dari berlantung adalah terlantar. Jika seseorang berlantung, itu berarti orang tersebut berada dalam keadaan terlantar atau tidak memiliki tempat tinggal yang tetap. Contoh penggunaan kata berlantung dalam kalimat:

- Setelah rumahnya terbakar, keluarga itu harus berlantung di rumah tetangga.

- Saat ia kehilangan pekerjaan, ia menjadi berlantung dan harus tidur di jalanan.

2. Bergantung

Arti kedua dari berlantung adalah bergantung. Jika seseorang berlantung, itu berarti orang tersebut bergantung pada orang lain atau pada suatu hal. Contoh penggunaan kata berlantung dalam kalimat:

- Ia berlantung pada orang tuanya untuk mendapatkan dukungan finansial.

- Kesejahteraan masyarakat sangat berlantung pada kebijakan pemerintah.

3. Terhenti

Arti ketiga dari berlantung adalah terhenti. Jika suatu kegiatan atau proses berlantung, itu berarti kegiatan atau proses tersebut terhenti. Contoh penggunaan kata berlantung dalam kalimat:

- Proyek konstruksi tersebut berlantung akibat terjadi masalah teknis.

- Diskusi berlantung karena salah satu peserta tidak hadir.

Antonim Berlantung

Antonim berlantung adalah kata yang memiliki arti kebalikan dengan berlantung. Berikut adalah beberapa antonim dari kata berlantung:

- Berjalan

- Menetap

- Terus

Sinonim Berlantung

Sinonim berlantung adalah kata-kata yang memiliki arti yang sama atau mirip dengan berlantung. Berikut adalah beberapa sinonim dari kata berlantung:

- Terombang-ambing

- Terdampar

- Bergelayut

Demikianlah pengertian, contoh penggunaan, antonim, dan sinonim dari kata berlantung menurut KBBI. Semoga dapat membantu memperluas pemahaman kita tentang kata ini.


close